Kabar Bima

Sejumlah PNS Ikut Terlibat Kampanye Qurma

418
×

Sejumlah PNS Ikut Terlibat Kampanye Qurma

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Tahapan kampanye pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Bima periode 2013-2018 telah dimulai sejak 26 April 2013 ditandai dengan dilaksanakannya penyampaian visi dan misi pasangan calon di gedung DPRD Kota Bima. Sehari setelahnya, dua pasang calon yaitu pasangan QURMA dan JAMIN secara berturut-turut mendapatkan jadwal Rapat Umum dalam rangka kampanye politik di lapangan Kelurahan Lampe dan Lapangan Amahami. Namun bagian dari pesta demokrasi tersebut sedikit tercoreng dengan dugaan keterlibatan sejumlah Pegawai negeri Sipil (PNS) dalam salah satu acara.

Pemilihan Walikota Bima - NTB 2013
Pemilihan Walikota Bima – NTB 2013

Berdasarkan pantauan sejumlah wartawan bersama anggota Panwaslu dan panwascam Sabtu (27/4), ribuan massa yang turut mengiringi pasangan H. Qurais – H. Arahman (QURMA) terdapat sejumlah PNS yang diduga kuat terlibat politik praktis dengan ikut berkampanye. Pantauan di lokasi perdana pasangan Qurma di Lapangan Kelurahan Lampe Kecamatan Rasanae Timur  pun sejumlah PNS Pemkot Bima terlihat jelas.

Sejumlah PNS Ikut Terlibat Kampanye Qurma - Kabar Harian Bima

Dapat teridentifikasi diantara para PNS itu Kadis Tatakota Drs. Azhari menggunakan mobil jeep terbuka bersama istri, Kepala Dinas KPT A. Haris, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Drs. Zainudin bersama bendaharanya Ramli, dan Kabid Humas Pemkot Bambang dan Camat Mpunda Arifin S.Sos. Tak ketinggalan pula sejumlah lurah seperti Lurah Tanjung Suryadin SH yang menggunakan sepeda motor dinas  dan Lurah Pane M. Yusuf.

Bendahara DPPKAD Kota Bima A. Haris yg dihubungi Via handphone oleh sejumlah wartawan menjelasakan bahwa keikutsertaanya bukan untuk ikut berkampanye.” Saya hanya ikut menonton saja dan mendengarkan visi dan misi saja, lagipula walikota bima sempat berpidato saat apel pagi bahwa PNS boleh saja menonton kampanye setiap pasangan calon untuk mendengar langsung penyampaian visi dan misi,”akunya.

Haris berpendapat, selama dirinya tidak ikut berkampanye di atas panggung atau aktivitas lainnya yang menyiratkan keterlibatan langsung, maka hal tersebut tidak dilarang.  “Kami kan hanya ikut menonton saja dari pinggir jalan. Dan bukan kampanye QURMA saja yang saya ikuti, pemaparan visi dan misi enam pasangan calon lainnya juga akan kami ikuti,” elaknya.

Sementara itu Kadis Tatakota Bima Drs.Azhari yang juga dikonfirmasi melalui telepon beralasan yang sama. ”Siapa bilang saya ikut berkampanye, saya hanya menonton saja”pungkasnya. Ketika wartawan menanyakan tentang adanya stiker nomor 3 bertuliskan QURMA MANIS di kaca depan mobil jenis Jeep yang dikendarainya, Azhari pun enggan mengomentari lebih jauh. “Itu tidak apa-apa kok,” ujarnya sebelum memutuskan sambungan telepon. [EM*/BS]