Polisi Imbau Konvoi Kampanye Taati Aturan Lalulintas

Kota Bima, Kahaba.- Pelaksanaan kampanye Pemilukada yang disertai dengan konvoi massa pendukung sangat beresiko membahayakan keselamatan pengguna jalan. Kasat Lantas Polres Bima Kota, Iptu Herman SH menghimbau kepada seluruh tim sukses pasangan Calon Walikota Bima dan Gubernur NTB untuk mengingatkan massa kampanye agar menaati aturan berlalu-lintas.

Ilustrasi

Ilustrasi

Terjadinya kecelakaan lalu lintas yang menimpa  mobil pengangkut massa peserta kampaye salah satu pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bima, Minggu (28/4) menjadi perhatian serius sejumlah pihak ditengah semangat masyarakat mengikuti perhelatan akbar pesta demokrasi tahun 2013.

Menurut Herman, sejumlah pelanggaran yang ditemukan  dalam pelaksanaan konvoi kendaraan kampanye diantaranya adalah penggunaan mobil berjenis pick up untuk mengangkut penumpang. Dikatakannya sesuai dengan aturan keselamatan berlalu lintas, mobil semacam itu bukan diperuntukan bagi penumpang, sehingga sangat riskan mengakibatkan kecelakaan yang mengakibatkan jatuhnya korban.

Begitupun kepada para pengendara motor, ia meminta agar lebih berhati-hati dalam berkendara dan memenuhi seluruh persyaratan kelengkapan lalu-lintas seperti helm dan lainnya.

Ia menambahkan, menjaga keselamatan lalu-lintas bukan saja menjadi tugas dan tanggungjawab polisi, melainkan masyarakat dan yang utama tim sukses para calon juga harus memberikan perhatian serius.

Jelas Herman, pihaknya beberapa waktu lalu sudah mendatangi tim sukses secara lisan dan dibeberapa sekretariat pemenangan para calon, disitu disampaikan harapannya, agar saat kampaye rapat umum memberikan pemahaman kepada massa yang hadir untuk taat aturan lalu lintas. ”Kita sudah himbau, kelanjutannya tergantung tim sukses dan masyarakat,” tegasnya.

Mengenai adanya pelanggaran saat pelaksanaan konvoi, jelas Herman tentunya polisi tidak langsung dapat menindak, apalagi ini acaranya konvoi kampaye akan sangat riskan bila ditindak. Walaupun demikian menjadi harapan bersama agar seluruh pihak meningkatkan kesadaran berlalu lintas untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Sebelumnya Kahaba medapatkan laporan insiden kecelakaan saat kampaye salah satu pasangan Calon Walikota Bima dilangsungkan di lapangan Lampe pada hari Minggu(28/4) sekitar pukul 11.30 wita. Sebuah mobil pick-up yang ditumpangi simpatisan tiba-tiba mengalami oleng dipertigaan Manggepambu Menuju Kelurahan Nungga. Akibat kejadian tersebut empat warga mengalami luka berat dan ringan setelah terlempar dari kendaraan. [BS]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *