Ini ‘Jurus’ Pasangan JAMIN Tumbuhkan Ekonomi Kota

Kota Bima, Kahaba.- Tak diragukan lagi, Kota Bima memiliki banyak potensi yang belum tergarap dengan baik. Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bima H. Junaidin H. Ismail, SE dan H. Mustamin H. Ikraman, SE (JAMIN) menawarkan visi menyejahterakan dan membangun kemandirian rakyat Kota Bima 2013-2018 dengan ekonomi yang bertumpu pada potensi lokal.

Pasangan JAMIN saat menerima pengalungan kain tenun tradisional Bima

Pasangan JAMIN saat menerima pengalungan kain tenun tradisional Bima

Tidak hanya memfokuskan pada aspek pendidikan dan kesehatan, misi pembangunan pasangan JAMIN juga bertekad untuk memacu tumbuhnya ekonomi, budaya dan pariwisata Kota Bima.

Terobosan yang disiapkan pasangan nomor urut satu tersebut diantaranya adalah pemberdayaan potensi lokal produk tenun tradisional Bima dengan menyediakan dana stimulan untuk produksi dan pengembangan usaha, serta memfasilitasi pasca produksi seperti promosi dan pemasarannya.

“Untuk mendukung pengembangan tenun tradisional, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menetapkan tenun Bima sebagai seragam kantor para pegawai,” ujar H. Jainuddin kepada Kahaba Sabtu (5/5/2013).

Selain itu lanjutnya lagi, jika terpilih nanti pasangan ini berencana untuk menambah arena pacuan kuda tradisional Bima. Bukan hanya sekedar menyalurkan hobi masyarakat pecinta kuda, H. Junaiddin meyakinkan tujuan terbesarnya adalah untuk mendaulatkan kuda sebagai ikon budaya Kota Bima.

Menurutnya, upaya tersebut sekaligus untuk menjadikan Kota Bima agar memiliki identitas dan hak paten atas kuda khas Bima yang perlu dikembangkan dan dilestarikan. Implikasi penambahan arena pacuan kuda di bagian timur kota  itu diharapkannya akan dapat mendorong geliat usaha ekonomi masyarakat disekitarnya sekaligus menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

“Masyarakat bagian timur belum dijamah pertumbuhan ekonomi yang signifikan, dengan adanya simpul tersebut geliat ekonomi akan tumbuh,” jelasnya.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bima juga akan digenjot dengan mengembangkan sistem ekowisata terpadu di wilayah utara Kota Bima yakni dari Ule hingga Kolo. “Di wilayah utara sana banyak aset wisata yang belum dijamah dan terkelola. Untuk itu, apabila pasangan Jamin dipercaya memimpin Kota Bima maka kami siap mengembangkan ekowisata disana,” jelasnya. [BK]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *