Kemenag Himbau CJH Segera Lunasi BPIH

Kota Bima, Kahaba.- Walaupun pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) tahun ini terbilang masih lama, namun Kantor Kemenag Kota Bima meminta calon jemaah untuk segera melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah haji (BPIH) . Hingga saat ini. Hingga saat ini tercatat  10 persen dari quota CJH yang akan diberangkatkanmasih menunggak ongkos ke tanah suci itu.

Salah satu Jemaah Calon Haji (JCH) yang dalam kondisi lumpuh namun tetap bisa melakukan ibadah haji dengan pendamping khusus.

Ilustrasi

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Bima, Drs. H. Syahrir, MSi saat ditemui di ruangannya Jumat kemarin mengatakan, tanggal 22 Mei lalu sampai dengan 12 Juni mendatang merupakan tahapan pertama pelunasan BPIH. Namun hingga saat ini sebanyak 90 persen CJH yang melunasinya. “Untuk itu kami menghimbau bagi CJH yang belum melunasi BPIH, untuk segera melunasinya,” himbaunya.

Kata dia, untuk tahun ini, jatah CJH Provinsi NTB sebanyak 4.464 orang. Sedangkan untuk Kota Bima sebanyak 125 orang. Ketika yang dimaksud belum bisa lunas sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka mulai pada tanggal 18 Juni sampai dengan 22 Juni mendatang akan dilakukan pendaftaran tahap kedua.

Pendaftaran tersebut, lanjut Syahrir, sifatnya merebut quota Nasional yang diperuntukan bagi CJH yang berumur 80 tahun keatas dan melakukan pendaftaran sampai tanggal 7 Januari 2013 lalu. “Dari quota tersebut Kota Bima sebanyak tujuh orang yang lanjut usia,” jelasnya.

Ditanya kapan keberangkatan CJH, ia mengaku rencananya akan dibernagkatkan apda bulan oktober mendatang. Namun sebelum diberangkatkan, kewajiban pihaknya sebagai instansi terkait untuk memberikan pembinaan atau manasik haji. “Kami berencana mulai melaksanakan manasik haji yang pertama pada tanggal 12 Juni mendatang,” tuturnya. [BK]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *