Diskoperindag Kota Bima Gelar Pasar Ramadhan

Kota Bima, Kahaba.- Seperti tahun-tahun sebelumnya, memasuki bulan suci Ramadhan 1434 Hijriah atau 2013 Masehi, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima kembali menggelar pasar Ramadhan di Lapangan Sereasuba Kota Bima.

Pasar Ramadhan Kota Bima

Pasar Ramadhan Kota Bima

Hanya saja tahun ini lokasi stand sedikit bergeser, tidak lagi di lapangan melainkan di ruas jalan sebelah timur lapangan. Pemindahan ini dilakukan dengan pertimbangan untuk menghindari debu atau becek jika hujan, agar kenyamanan para penjual maupun pembeli tetap terjaga.

Pembukaan pasar Ramadhan 1434 H berlangsung pada hari pertama puasa, yaitu hari Rabu, 10 Juli 2013, pukul 16.30 WITA. Pembukaan dilakukan oleh Wakil Walikota, H. A. Rahman H. Abidin, SE, dan dihadiri oleh jajaran Dinas Koperindag Kota Bima serta dimeriahkan oleh ratusan penjual dan pengunjung.

Kepala Dinas Koperindag, Drs. Kaharuddin, menjelaskan, tujuan kegiatan pasar Ramadhan adalah selain untuk menyambut hadirnya bulan suci Ramadhan, juga merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Koperindag, untuk memfasilitasi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Keberadaan pasar Ramadhan dapat dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran produk-produk yang mereka hasilkan. Melalui pasar Ramadhan juga diharapkan akan tumbuh wirausaha baru.

Peserta pasar Ramadhan tahun ini berjumlah kurang lebih 100 orang yang berjualan pada 10 stand besar. Para penjual tidak dipungut biaya, hanya ditarik biaya kebersihan sebesar Rp. 1.000,- per pedagang. Kegiatan pasar Ramadhan direncanakan berlangsung selama 29 hari, yaitu mulai tanggal 10 Juli hingga 9 Agustus 2013.

Sementara itu, Wakil Walikota dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Koperindag Kota Bima yang telah menggelar kegiatan ini. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini berfungsi ganda, yaitu sebagai ajang silaturahim dan promosi produk, juga membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan lauk pauk dan berbagai hidangan untuk berbuka puasa. Ia pun berharapan semoga lembaga keuangan dapat meilirik dan memberi bantuan kepada para pedagang, baik dari segi manajerial maupun bantuan berupa modal usaha.

Menutup sambutanya, Wakil Walikota meminta kepada seluruh masyarakat maupun panitia pelaksana serta petugas keamanan, untuk bekerja sama menjaga kegiatan pasar Ramadhan agar tetap berlangsung aman dan tertib hingga akhir. [BS]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *