Kabar Bima

Di Rontu, Mortir Sisa PD II Ditemukan

335
×

Di Rontu, Mortir Sisa PD II Ditemukan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Benda sisa Perang Dunia (PD) kedua ditemukan warga di bilangan Kelurahan Rontu. Benda itu berbentuk Proyektil anti tank dan saat ini sudah diamankan di Sat Reskrim Polres Bima Kota, Senin (19/8) malam dan telah diidentifikasi Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Bima, Selasa (20/8) pagi. Diduga Proyektil itu pun masih dalam keadaan aktif.

Contoh Mortir
Contoh Mortir

Kasat Reskrim Polres Bima Kota, AKP Agus Dwi Ananto, SH mengatakan, bahan peledak yang awalnya di duga adalah granat yang ditemukan warga Rontu, Senin sore sekitar pukul 17.00 Wita. Warga menemukan barang itu saat menggali sumur di pinggir sungai kelurahan setempat.

Di Rontu, Mortir Sisa PD II Ditemukan - Kabar Harian Bima

Menurut Agus, barang yang sama juga pernah ditemukan warga beberapa waktu lalu sekitar 20 meter dari lokasi tersebut. “Untungnya warga langsung melapor pada anggota Polisi yang tinggal di Rontu sehingga barang langsung diamankan ke Reskrim dan tidak dipersalahgunakan oleh warga,” ujarnya.

Pihaknya telah berkoordinasi ke Jibom Brimob Bima dan dibawa ke markas  untuk diidentifikasi. “Ternyata bukan granat, tetapi proyektil anti tank buatan rusia,” tuturnya.

Proyektil anti tank itu seberat 500 gram dengan panjang 14 cm dan lebar 4 cm itu, diduga peninggalan Perang Dunia II. “Kondisinya sudah berkarat, diluncurkan oleh Jibom tapi tidak meledak karena tidak ada pemicunya. Tapi berpotensi meledak jika dibakar,” jelasnya.

Kemungkinan adanya bahan serupa di lokasi setempat. Pihaknya kini sedang mendalami. Karena sifatnya temuan, kata dia, kepolisian mengharapkan laporan warga. Jika menemukan barang seperti proyektil itu, diharapkan tidak melakukan tindakan seperti membakar atau lainnya. “Kami berharap jika ada temuan masyarakat langsung melapor ke kantor Polisi terdekat,” kata Agus di ruangannya, Selasa 20 Agustus 2013. [B]