Wakil Walikota Sidak Sejumlah SKPD

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, Kamis, (5/9) kemarin, melalukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantor Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD). Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 07.00 Wita.

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman, SE. Foto: Bin

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman, SE. Foto: Bin

Wawali lebih awal mendatangi kantor Kesbangpol dan Linmas, kemudian berlanjut ke Bappeda, DPPKAD (Bagian Aset dan Pendapatan), Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Kantor Pelayanan Terpadu, Inspektorat, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Di sejumlah kantor yang didatangi Wawali menjadi penerima apel pagi dan memberikan arahan kepada para pegawai setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Wawali mengingatkan bahwa apel pagi bukan sekedar rutinitas tanpa makna, namun merupakan barometer untuk mengetahui sejauh mana tingkat kedisiplinan aparatur negara. “Kunci sukses adalah disiplin”, ujar. Jika disiplin pada kalangan aparatur sudah bisa ditegakkan, maka pelayanan prima pun bisa terwujud.

Untuk mewujudkan PNS yang andal, profesional, dan bermoral tersebut, mutlak diperlukan peraturan disiplin PNS yang dapat dijadikan pedoman dalam menegakkan disiplin. Sehingga dapat menjamin terpeliharanya tata tertib dan kelancaran pelaksanaan tugas serta dapat mendorong PNS untuk lebih produktif berdasarkan sistem karier dan sistem prestasi kerja.

Ia pun menyoroti masih kurangnya rasa tanggung jawab pada kalangan pegawai negeri sipil. Tanggung jawab tersebut bukan hanya dalam kinerja sehari-hari, namun juga pada rasa memiliki serta keinginan untuk merawat dan menjaga kebersihan bangunan maupun berbagai fasilitas kantor. “Kantor terlihat kurang terawat”, ungkap Wawali. “Kita perlu melakukan gotong royong secara terjadwal. Itu juga berguna untuk membangun rasa kebersamaan,” katanya.

Selanjutnya, para pimpinan SKPD diminta untuk melaksanakan fungsi pengawasan secara ketat dan berkelanjutan. Tingkat kedisiplinan pegawai pada dasarnya merupakan tanggung jawab pimpinan Satker, juga menjadi tolok ukur sejauh mana keberhasilan seorang pimpinan dalam menjalankan manajemen kantor.

Pada kesempatan yang sama, Wawali sekilas menjelaskan tentang pelaksanaan seleksi tenaga honorer K2 yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan. Ia menjanjikan proses pelaksanaan yang bersih tanpa rekayasa. Ditegaskannya bahwa semua mekanisme harus dilaksanakan secara adil dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ia pun meminta kepada seluruh pegawai untuk menjadi Humas Pemerintah agar dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat. “Jangan sampai ada masyarakat yang tertipu oleh calo yang mengatasnamakan Pemerintah Kota Bima atau pejabat tertentu”, ucapnya.

Sidak kemudian dilanjutkan ke kantor Lurah Rabangodu Utara, Rabangodu Selatan, serta Camat Mpunda. [BK/Adv]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *