Mahasiswa STKIP Bima Angkatan ke-XXIV di Wisuda

 Kota Bima, Kahaba.- Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu dan Pendidikan (STKIP) Bima menggelar rapat senat terbuka dalam rangka wisuda sarjana angkatan ke – XXIV tahun 2013. Sebanyak 931 orang mahasiswa dari lima Program Studi (Prodi) di wisuda di halaman kampus setempat, Rabu (2/10/13) kemarin.
Mahasiswa STKIP Bima Angkatan ke-XXIV di Wisuda. Foto: BIN

Mahasiswa STKIP Bima Angkatan ke-XXIV di Wisuda. Foto: BIN

Ketua STKIP Bima, Drs. Mustamin, MSi STKIP Bima dalam sambutannya mengatakan, kian hari semakin menunjukkan kinerja yang membaik. Suasana akademik mulai terasa nyaman, hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar yang semakin tinggi. Rata – rata kehadiran dosen di kelas telah mencapai diatas 90 persen.

Kemudian, proses penyelenggaraan evaluasi, diri berbasis program studi diperkirakan sudah mencapai 85 persen, peringkat nilai akreditasi lima program studi yaitu, program studi bernilai B sebanyak tiga prodi, dan prodi bernilai C sebanyak dua Prodi. “Selama tahun ajaran 2012 – 2013 STKIP Bima mengelola mahasiswa sebanyak lebih kurang 10.000 orang. Jumlah itu tersebar di lima Prodi,” ujarnya.
Kata dia, mahasiswa yang diwisuda telah sukses memperoleh gelar akademik sarjana pendidikan. Itu adalah buah dari kerja keras yang telah mahasiswa lakukan selama beberapa tahun. Pihaknya pun berharap mahasiswa dapat mengamalkan ilmu dan keterampilan yang sudah dimiliki dengan rasa penuh tanggungjawab, serta dedikasi yang tinggi. “Tuntutan akan profesionalisme guru semakin mengemuka. Program sertifikasi keahlian guru dan uji kompetensi guru merupakan perwujudan tuntutan guru yang berkualitas,” katanya.
Menurut Mustamin, Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang tentunya tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang dan hanya bisa dilaksanakan oleh orang – orang terdidik yang sudah disiapkan untuk menekuni bidang pendidikan. Dalam kaitan dengan profesi tersebut, seorang wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, serta sertifikasi pendidik.
Pada kesempatan itu juga, ia menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pengembangan dan kemajuan STKIP Bima. Pertama yakni, STKIP Bima telah menerapkan program sistem informasi akademik yang berbasis online (Siakad), dengan harapan diterapkannya program itu seluruh kegiatan civitas akademik dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Kedua yakni, tahun ini juga STKIP Bima telah mengirim tenaga dosen untuk melanjutkan program pendidikan pasca sarjana yang tersebar di perguruan tinggi ternama di Indonesia yang berjumlah sebanyak 32 orang. 26 orang Program magister atau S2, empat orang program doktor atau S3.
Lanjutnya, pada tanggal 15 Maret 2013 dirinya atas nama kampus menandatangani kerjasama dengan universitas Hankuk Korea Selatan di bidang pertukaran tenaga meliputi penelitian, staf pengajar dan mahasiswa serta jurnal penelitian. Kemudian berikutnya, pihaknya menerima penghargaan di Jakarta dari Indonesian Achievement Center kategori “The Most Trusted in Education Service Satisfaction of the Year”. ”Penghargaan dini diberikan karena STKIP Bima dinilai mempunyai layanan pendidikan inovatif dan berkualitas,” tambahnya.
Adapun lima mahasiswa yang memperoleh wisuda terbaik di lima prodi masing – masing, pada prodi BK atas nama Novianti dengan nilai 3,90. Prodi Ekonomi atas nama Maman Apriansyah dengan nilai 3,70. Prodi Pendidikan Bilogi atas nama Noviati Jumiarti dengan nilai 3,87. Prodi Pendidikan Matematika atas nama Yulianti dengan nilai 3,87 dan Prodi Pendidikan Sosiologi atas nama Juniarti dengan nilai 3,71. [BK]
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *