Zakat Mualaf Akan Segera Dibagikan

Kota Bima, Kahaba.- Zakat bagi para mualaf di Kota Bima akan segera disalurkan. Menurut data Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Bima, jumlah mualaf sekitar 100 lebih orang. Rencanya, dalam minggu ini akan mulai disalurkan  melalui Lembaga Pendamping Mualaf (LPM). Akan langsung diberikan kepada setiap rumah warga mualaf.

Baznas Kota Bima

Baznas Kota Bima

Ketua LPM, Drs Anwar, mengatakan, pembagian zakat mualaf tahun ini tidak tepat waktu. harusnya, pembagianm zakat tersebut dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri lalu .Data yang kurang valid, penyebab distribusinya terlambat. Pembagian zakat mualaf terpaksa ditunda sembari menunggu pertugas melakukan pendataan ulang. ”Semuanya sudah rampung, sekarang tinggal dibagikan,” ujarnya.

Dia mengaku, keterlambatan pembagian zakat mualaf tahun ini akibat kecerobohan petugas lama yang memberikan data yang tidak valid. Sehingga, pihaknya melakukan pendataan kembali agar peruntukan zakat tepat sasaran.”Zakat itu amanah dan harus disampaikan kepada yang berhak,” tuturnya. Kata Anwar, jumlah mualaf berdasarkan hasil pendataan petugas LPM yang lama sebanyak 200 orang. Setelah diperiksa, pihaknya menemukan sejumlah nama yang fiktif, meninggal, dan bahkan sudah pindah ke daerah lain. ”Yang riil hanya sekitar 100 orang lebih saja,” ungkap Anwar.

Dikatakannya pula, tahun ini, zakat mualaf hanya berupa beras yakni masing-masing 5 hingga 10 kg per orang, bergantung dari kondisi ekonomi mualaf. Sementara pembagian zakat akan langsung diberikan oleh petugas LPM pada masing-masing rumah mualaf. Hal itu dilakukan sekaligus melihat langsung kondisi rumah dan ekonomi mualaf. “Selain zakat, mereka juga akan diberikan modal untuk usaha kecil bagi yang layak,” kata Anwar. [SR]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *