Kelulusan K2 Dipastikan Tanpa Intervensi

Kota Bima, Kahaba.- Seleksi (tes) tenaga honor daerah (Honda) kategori dua (K2) Kota dan Kabupaten Bima, dijadwalkan pada tanggal 3 November 2013 mendatang. Pemerintah Kota (Pemkot) Bima sendiri memastikan, tidak ada ruang intervensi dalam proses kelulusannya, meski oleh Kepala Daerah.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bima, Drs. Mukhtar Landa, MH, mengatakan, Walikota Bima sudah sering mengingatkan dan mengimbau pada berbagai kesempatan kepada tenaga Honda K2 yang ikut ujian. Mereka diingatkan untuk tidak sekali-kali tergiur dengan janji dan rayuan calo, karena semua itu hanya bohong belaka. “Jangan pernah percaya dengan calo, itu penegasan Pak Walikota,” ujarnya di BKD Kota Bima, Rabu (09/10/13).

Bahkan, katanya, kepada PNS lingkup Pemkot Bima sudah diingatkan juga agar tidak
main-main dengan ujian K2. Jika ditemukan, maka akan ditindak tegas sesuai dengan aturan kepegawaian. “Walikota Bima malah meminta kepada pihak yang seandainya nanti menjadi korban, untuk tidak ragu melapor ke pihak yang berwajib,” ungkap Mukhtar.

Dia mengaku, untuk proses kelulusan K2, tidak diberikan ruang intervensi Pemerintah Daerah. Dari prosesnya saja, Pemerintah Daerah melalui BKD hanya menjadi fasilitator pelaksanaannya. Yang menyusun soal dari BKN Pusat dan Menpan-RB. “Tak ada ruang untuk diintervensi oleh daerah. Bahkan isu tentang jatah kepala daerah pun itu tidak benar. Walikota Bima sudah menegaskan semua tentang hal itu,” tandasnya.

Demikian pula dengan pihaknya sebagai instansi terkait. Kendati kerap mendapat godaan, semaksimal mungkin BKD akan menjalankan aturan dengan baik. Bersikap jujur dan adil.

Mukhtar menjelaskan, jatah K2 secara Nasional sebanyak 30 persen. Sedangkan untuk daerah atau Kota Bima, tidak memiliki jatah. Hanya peserta yang mendapat ranking tertinggi dalam 30 persen itu-lah yang akan diakomodir. Jumlah tenaga Honda K2 di Kota Bima sebanyak 2.708 orang,  dan tersebar di seluruh SKPD. “Jika banyak peserta K2 dari Kota Bima masuk rangking dari 30 persen tersebut, maka banyak pula yang lulus K2. Begitupun sebaliknya,” terangnya.

Lokasi ujian bagi tenaga Honda K2 Kota Bima dilaksanakan pada sejumlah sekolah di wilayah timur Kota Bima. Mulai dari perempatan Gunung Dua. Sementara seluruh sekolah dari perempatan Gunung Dua ke arah Barat, rencananya akan digunakan oleh Honda K2 dari Pemkab Bima.

Sementara untuk proses hingga saat ini, sejak hari Senin pekan ini sampai Sabtu, akan dilakukan pembagian nomor. Setelah itu, pihaknya tinggal menunggu soal hingga H-1. “Agenda lainnya yakni rapat panitia dan internal perihal persiapan pelaksanaan ujian nanti,” katanya.

Untuk petugas yang mengawasi ujian, lanjutnya, ditunjuk dua orang. Pertama, salah seorang guru senior di sekolah tempat pelaksanaan ujian kemudian satu orang pejabat eselon III. “Pelaksanaan ujian nanti sama dengan Ujian CPNSD,” tambahnya. [BK]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *