Kemarau Panjang tak Pengaruhi Panen di Kota Bima

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kota Bima menyatakan tidak ada dampak negatif  dari pengaruh musim kering terhadap hasil panen tahun ini. Hingga Oktober, tanaman menuai hasil panen yang stabil.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Hasil panen petani maksimal. Tak ada pengaruhnya dengan musim kemarau tahun ini,” ujar Kepala Dispertanak Kota Bima, Ir. Syamsudin.

Ditemui Senin (28/10/13), mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bima itu, mengatakan, hingga panen beberapa hari lalu, lahan di Kota Bima tidak ada yang mengalami kekeringan. Dari luas lahan sawah 2.200 hektare (Ha), hampir semuanya teririgasi dengan baik dan tercukupi airnya saat kemarau panjang melanda.

Menurutnya pula, di wilayah Kota Bima hanya sedikit saja tipe sawah tadah hujan.  Saat musim kemarau, semua sawah ditanami sejumlah tanaman.  Ada yang ditanam padi dan ada juga ditanami jagung.  “Alhamdulilah bulan ini tidak ada yang gagal panen. Bulan ini menjadi bulan panen yang baik untuk para petani, karena hampir semuanya bisa panen dengan maksimal,” kata Syamsudin.

Untuk lahan kering, akan dimulai waktu penanaman sekitar bulan November. Diharapkan para petani menanam jagung pada lahan masing-masing.  Syamsudin yakin, pada musim kering selanjutnya petani memperoleh hasil panen yang baik.

*BIN

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *