Kabar Bima

Kemarau Panjang tak Pengaruhi Panen di Kota Bima

236
×

Kemarau Panjang tak Pengaruhi Panen di Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kota Bima menyatakan tidak ada dampak negatif  dari pengaruh musim kering terhadap hasil panen tahun ini. Hingga Oktober, tanaman menuai hasil panen yang stabil.

Ilustrasi
Ilustrasi

“Hasil panen petani maksimal. Tak ada pengaruhnya dengan musim kemarau tahun ini,” ujar Kepala Dispertanak Kota Bima, Ir. Syamsudin.

Kemarau Panjang tak Pengaruhi Panen di Kota Bima - Kabar Harian Bima

Ditemui Senin (28/10/13), mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bima itu, mengatakan, hingga panen beberapa hari lalu, lahan di Kota Bima tidak ada yang mengalami kekeringan. Dari luas lahan sawah 2.200 hektare (Ha), hampir semuanya teririgasi dengan baik dan tercukupi airnya saat kemarau panjang melanda.

Menurutnya pula, di wilayah Kota Bima hanya sedikit saja tipe sawah tadah hujan.  Saat musim kemarau, semua sawah ditanami sejumlah tanaman.  Ada yang ditanam padi dan ada juga ditanami jagung.  “Alhamdulilah bulan ini tidak ada yang gagal panen. Bulan ini menjadi bulan panen yang baik untuk para petani, karena hampir semuanya bisa panen dengan maksimal,” kata Syamsudin.

Untuk lahan kering, akan dimulai waktu penanaman sekitar bulan November. Diharapkan para petani menanam jagung pada lahan masing-masing.  Syamsudin yakin, pada musim kering selanjutnya petani memperoleh hasil panen yang baik.

*BIN