Lomba PBHS, Lewirato Disambangi TP PKK NTB

Kota Bima, Kahaba.- Kelurahan Lewirato kembali dipercaya untuk mengikuti lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kota Bima. Lewirato yang mewakili Kecamatan Mpunda,bersama dengan Wakil Ketua I TP PKK Kota Bima Hj. Badrah Ekawati H. A Rahman menyambut kedatangan tim penilai dari rombongan Ketua TP PKK Provinsi NTB, Kamis (21/11),.

Sekda Kota Bima, Ir. M. Rum, saar  memberikan sambutan lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kota Bima di Kelurahan Lewirato. Fptp: BIN

Sekda Kota Bima, Ir. M. Rum, saar memberikan sambutan lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kota Bima di Kelurahan Lewirato. Fptp: BIN

Rombongan dari Provinsi NTB yang dipimpin oleh Hj. Syamsiah H.M. Amin melaksanakan Road Show serta memantau kegiatan Pelayanan KB di Kota Bima. Roadshow ini dihadiri pula oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat serta Bapak ibu kepala Dinas, Badan, Kantor Lingkup Pemerintah Kota Bima.

Dalam sambutan tertulis Walikota Bima yang dibacakan oleh Sekda Kota Bima Ir. Muhammad Rum menjelaskan bahwa  gerakan PKK merupakan gerakan bertujuan pada peningkatan kesejahteraan keluarga demi terpenuhinya kebutuhan dasar manusia dari setiap anggota keluarga, baik secara material, sosial, maupun mental spiritual, sehingga dapat hidup layak sebagai manusia yang bermanfaat.

Dilanjutkannya, keberhasilan PKK dapat terwujud apabila gerakan ini dimunculkan dari kebutuhan masyarakat, dimana pengelolaannya juga dilaksanakan oleh masyarakat, dan hasil yang didapat juga dinikmati langsung atau ditujukan untuk masyarakat itu sendiri.

“PKK merupakan gerakan masyarakat yang selama ini aktif berperan sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan masyarakat,” ujarnya.

Kata dia, keberhasilan gerakan PKK dapat djadikan sebuah contoh bagi upaya – upaya lain yang bertujuan pemberdayaan keluarga sehingga dapat betul–betul mengenai sasaran yaitu masyarakat yang membutuhkan kemandirian sehingga tidak selalu bergantung kepada pemberian dari pemerintah.

Disampaikannya pula  bahwa salah satu program prioritas pemerintah maupun PKK Kota Bima adalah pelestarian lingkungan, khususnya dengan melibatkan elemen PKK yang dilaksanakan baru-baru ini oleh Badan Lingkungan Hidup adalah sosialisasi gender dalam pengelolaan sampah.

“Ini juga merupakan salah satu langkah nyata sebagai bagian dari upaya kita untuk meraih piala adipura yang selama ini kita idam-idamkan”, ujar Rum mengakhiri sambutannya.

Senada yang diungkapkan oleh Sekda Kota Bima, Wakil Ketua I TP PKK Kota Bima menyampaikan bahwa dalam rangka hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) berusaha melakukan terobosan-terobosan melalui program kerjanya dan berusaha memanen prestasi baik di tingkat Provinsi maupun nasional.

“Berbagai lomba diadakan secara serentak di lima Kecamatan dan telah menghasilkan beberapa Kelurahan terbaik yang akan mewakili Kota Bima pada lomba tingkat Provinsi, yang tentu saja kami tidak hanya ingin sekedar menciptakan kemeriahan sesaat melainkan dilaksanakan untuk memantapkan kualitas gerakan PKK di semua jenjang dan menghasilkan karya nyata, serta berbagai terobosan baru,” ujar Hj. Badrah Ekawati.

Sementara itu, Hj Syamsiah H. M. Amin mengungkapkan rasa haru dan bahagianya atas penerimaan yang begitu luar biasa dari Kelurahan Lewirato dan TP PKK Kota Bima.

“Kebanggaan yang luar biasa pula kami dapat diterima dengan hangat,” pujinya.

Dijelaskannya, bahwa roadshow ini selain bertujuan untuk bersilaturrahim dengan TP PKK Kota Bima juga menjadi wahana kita untuk meningkatkan cakupan dan Kualitas KB juga pembinaan terhadap seluruh anggota. Tentunya capaian ini bukan hasil kerja individu seorang per seorang melainkan hasil kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat mulai dari BPPKB, Pokja I hingga Pokja IV dan tak lupa para kader yang langsung bersinggungan dengan masyarakat.

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah membantu, utamanya TP PKK Kota Bima dalam mendukung program ini,” ucapnya.

*BIN

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *