HGN Meriah, Guru dan Siswa Raih Penghargaan

Kota Bima, Kahaba.– Upacara peringatan Hari Jadi Guru ke-68 dilangsungkan di lapangan Merdeka Kota Bima, Senin (25/11/13). Prosesi acaranya berlangsung hikmat, diikuti sejumlah siswa dan guru. Sejumlah pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, turut hadir memeriahkan momentum bersejarah pahlawan tanpa tanda jasa tersebut.
Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, SE, bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara pemimpin upacara, dikendalikan H. Muhtar dari Dinas Dikpora Kota Bima.

Ilustrasi

Ilustrasi

Sebelum upacara dimulai, dilakukan pembacaan puisi oleh Aliya Nurfaizah dari PAUD Mentari Kelurahan Penatoi. Aliya merupakan peraih Juara I Lomba Baca Puisi PAUD Tingkat Provinsi NTB Tahun 2013.

Wakil Walikota membacakan amanat Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Muhammad Nuh. Mendikbud menyampaikan apresiasi terhadap prestasi, dedikasi, tanggung jawab, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru dan masyarakat dalam memajukan dunia pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mendiknas juga mengajak untuk menyadari dan memahami tentang arti penting dan mulianya pendidikan. Di balik itu, harus disadari bahwa tantangan dan persoalan yang dihadapi semakin berat, rumit, dan kompleks. Terutama dalam rangka mempersiapkan Generasi 2045, 100 tahun Indonesia Merdeka, dan kejayaan indonesia.

Jika dicermati struktur penduduk pada tahun 2010, terdapat 46 juta anak usia 0 sampai 9 tahun dan 44 juta anak usia 10 sampai 19 tahun.

“Jadi, sekarang ini kalau kita ingin mempersiapkan generasi 2045, tidak ada pilihan lain kecuali harus memperkuat layanan, baik akses maupun kualitas pendidikan kita, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi,” ujar Mendiknas dikutip Rahman.

Untuk itu, prinsip yang perlu dikembangkan adalah memberikan layanan pendidikan sedini mungkin (start earlier) melalui gerakan PAUD. Memberikan kesempatan bersekolah setinggi mungkin (stay longer) melalui pendidikan menengah universal (PMU), dan peluasan akses ke perguruan tinggi. Selain itu, perlu memperluas jangkauan dan menjangkau mereka yang tidak terjangkau (rich wider) melalui program bantuan siswa miskin (BSM), bidik misi, dan sarjana mendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM3T).

Tema yang diambil dalam peringatan HGN tahun 2013 dan HUT ke-68 PGRI ini adalah ‘Mewujudkan guru yang kreatif dan inspiratif dengan menegakkan kode etik untuk penguatan kurikulum 2013’. Hal ini dimaksudkan untuk menjawab berbagai persoalan dan tantangan yang saya sebutkan di atas.

Sekarang ini, kata dia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang melakukan penataan sistem pendidikan guru, pelatihan berkelanjutan, pelindungan, dan peningkatan kesejahteraan guru.

Mendiknas juga memberikan dukungan penuh agar PGRI bisa menjadi organisasi profesi guru yang kuat sehingga menghasilkan guru yang mampu mengembangkan kemampuannya secara mandiri, mampu sebagai sumber inspirasi dan keteladanan, kreatif, inovatif, dan menegakkan kode etik guru sebagai profesi.

Untuk itu, diharapkan para guru dan tenaga kependidikan agar menjadi pembelajar dan pendidik sejati. Dengan demikian, kurikulum 2013 yang digagas untuk mempersiapkan generasi 2045, generasi yang mampu berpikir orde tinggi, kreatif, inovatif, berkepribadian mulia, dan cinta pada tanah air, serta bangga menjadi orang Indonesia, dapat diwujudkan. kami mengajak semua pemangku kepentingan untuk bekerja keras, bersungguh-sungguh, dan bekerja sama.

Setelah upacara selesai, Wakil Walikota bersama Pimpinan DPRD dan Sekda Kota Bima menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada sejumlah siswa dan guru yang meraih juara dalam berbagai lomba.

Salah satu guru pembina dari TK Seroja Kelurahan Kodo, yaitu Hj. Nurbaya Jamaluddin, meraih penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI, Dr. Soesilo Bambang Yoedhoyono, atas pengabdiannya sebagai pendidik di Kota Bima.

Juga meraih penghargaan, SMAN 2 Kota Bima sebagai The Most Trusted Favorite School atau Sekolah Terfavorit se-Indonesia dalam perangkingan 100 Sekolah Menangah Terbaik se-Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI DAN Komite Guru Nasional. Penghargaan diterima oleh Kepala SMAN 2 Kota Bima, Drs. Syahbuddin.

Penghargaan juga disampaikan kepada para pemenang perlombaan Gebyar Anak Nasional Tingkat Provinsi NTB dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2013, dimana Kota Bima meraih gelar juara umum karena berhasil meraih dua buah gelar juara pertama dan satu gelar juara kedua sebagai berikut, Juara I lomba menyanyi solo diraih oleh Keisha Prisillawati dari PAUD Udayana, Juara I lomba membaca puisi untuk anak PAUD diraih oleh Aliya Nurfaizah dari PAUD Mentari, Juara II lomba mendongeng pendidik PAUD diraih Nurlaili, S.Pd, dari PAUD Bundaku.

Selanjutnya diumumkan para pemenang dalam pertandingan olahraga antarguru dalam rangka Hari Guru Nasional Tingkat Kota Bima, yaitu, pada pertandingan sepakbola juara I diraih KCD Rsanae Timur, Juara II diraih gabungan SMP 9 Kota Bima, Jjuara III diraih gabungan SMP 2 Kota Bima dan KCD Raba.

Kemudian, pertandingan bola voli Kategori Putra Juara I diraih Gugus Rasanae Timur, Juara II diraih SMAN 1 Kota Bima, Juara III SMPN 14 Kota Bima dan Gugus Rasanae Timur. Kategori Putri, Juara I diraih oleh SMPN 4 Kota Bima, Juara II diraih SMPN 5 Kota Bima, Juara III SMKN 1 Kota Bima dan dan Gugus Rasanae Timur.

Pertandingan Bulutangkis Kategori Beregu Juara I diraih SMKN 1 Kota Bima, Juara II STKIP Bima, Juara III MAN 1 dan MAN 2 Kota Bima; Kategori Perorangan A; Juara I diraih oleh SMAN 2 Kota Bima, Juara II STKIP Bima, Juara III dari SMA Al-Ikhwan Kota Bima dan MAN 2 Kota Bima; Kategori Perorangan B; Juara I diraih SMKN 1 Kota Bima, Juara II SMAN 4 Kota Bima, Juara III diraih SMAN 1 Kota Bima.

Lalu pada pertandingan Tenis Meja Kategori Perorangan Putra Juara I SMPN 3 Kota Bima, Juara II SMPN 1 Kota Bima, Juara III dari SMA Yasim dan SMA Al-Ikhwan, Kategori Perorangan Putri,  Juara I SMPN 3 Kota Bima, Juara II MAN 2 Kota Bima, Juara III diraih SMPN 1 Kota Bima dan SMA Yasim, Kategori Beregu Duo, Juara I SMA Al-Ikhwan, SMA  Yasim, Juara III SMP 1 dan SMK PGRI Kota Bima.

*BIN

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *