566 PNS Purna Tugas Pemkab Bima Terima Tali Asih

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 556 PNS Purna Tugas Periode 1 Januari 2012 sampai dengan 1 Januari 2014 menerima dana tali asih dari Bupati Bima H. Ferry Zulkarnain, ST Selasa (26/11) di GSG Muhamadyah Kota Bima.

566 PNS Purna Tugas Pemkab Bima Terima Tali Asih. Foto: HUMAS

566 PNS Purna Tugas Pemkab Bima Terima Tali Asih. Foto: HUMAS

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bima Drs. H. Syafrudin H.M. Nur, M.Pd, kepala BKD KabupatenTajudin, SH, M.Si, sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab Bima, serta para PNS   masa purna tugas.

Wakil Bupati, Drs. H. Syafrudin H. M.Nur, M.Pd dalam amanatnya menyampaikan, masa pensiun bagi PNS merupakan suatu proses yang berlangsung secara alami. Namun, kinerja yang telah ditunjukkan selama menjadi abdi negara dan abdi masyarakat, tentu tidak dapat diabaikan dan dilupakan begitu saja.

“Oleh karena itu, acara pelepasan pegawai purna tugas dan penyerahan tali asih merupakan wujud penghormatan dan penghargaan atas pengabdian PNS selama masih aktif bekerja di lingkup Pemerintah Kabupaten Bima hingga memasuki Batas Usia Pensiun (BUP),” ujarnya.

Wujud kepedulian tersebut ditunjukkan dengan pemberian tali asih kepada 472 orang PNS yang pensiun tahun 2012 dan 2013. Yang besaran nya bervariasi, antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta dan menyerap total dana sebanyak Rp 572 juta lebih. Selain itu jajaran pengurus KORPRI Kabupaten Bima juga menyerahkan tali asih kepada 94 orang pensiunan BUP dari bulan Oktober – Desember 2013 per pensiunan Rp 500 ribu.

Penyerahan tali asih dari Pemerintah Kabupaten Bima yang meskipun jumlah nominalnya yang bisa dikatakan kecil ini merupakan wujud perhatian dan rasa terima kasih atas pengabdian PNS. Wakil Bupati juga berharap agar dapat memaknai tali asih tersebut bukanlah dari sisi jumlah yang diterima, namun bisa dimaknai sebagai wujud nyata adanya perhatian, penghormatan dan penghargaan dari pemerintah daerah atas pengabdian, loyalitas dan kerja keras PNS purna tugas.

Sementara itu Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST yang juga menyempatkan diri hadir dan  menyampaikan amanat mengatakan bahwa saat ini pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Bima sedang membahas perubahan nama aparatur pemerintah yang mana sebelumnya dengan nama Pegawai Negeri Sipil (PNS), ke depan akan dirubah menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sementara itu kepala BKD Kabupaten Bima Tajuddin, SH, M.Si dalam laporanya memaparkan,  penyerahan uang tali asih ini diberikan kepada para pensiunan per 1 januari 2012 s/d 31 Desember 2013 ditambah dengan yang memasuki usia pensiunan per 1 januari 2014 sebanyak 566 orang purna tugas.

“Dari jumlah 566 orang tersebut, 4 orang pejabat eselon dua yaitu Drs. H. Masykur HMS (mantan Sekda Kabupaten Bima), Drs. H. Wafdin Ahsan, (mantan Kepala Inspektorat),  H. Taufiqurahman (staf Ahli) dan Ir. Ilham Sabil (Mantan Kadis Pertambangan dan energi). Serta eselon empat sebanyak 67 orang, guru dan pengawas sebanyak 347 orang dan 101 staf.

Adapun dana tali asih yang diberikan senilai untuk golongan IV masing-masing sebesar Rp 1 Juta,  golongan III sebesar Rp 1,5 juta, untuk golongan II / 1 sebesar Rp 2 juta serta pensiunan permintaan sendiri dan pensiun janda atau duda sebesar 1,5 juta, belum dipotong PPH 5%.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada kepada lima orang penerima yaitu Drs. H. Masykur mewakili golongan IV, H. Abdul Hamid Muhammad perwakilan dari golongan III, Suhaemin (mantan Sekdes Runggu – Belo) perwakilan golongan II dan 1, Sri Mulyani, SH janda Zulkifli, SE (mantan BPPKB Kabupaten Bima) perwakilan pensiunan Janda atau Duda, serta Drs. Abdul Hamid Usman, M.Si (mantan Dinas Dikpora) perwakilan pensiun atas permintaan sendiri.

*DEDY | HUM

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *