Alokasi dana PKH Meningkat di Tahun 2014

Kabupaten Bima, Kahaba.- Alokasi dana Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Rumah Tangga Sangat miskin (RTS) tahun 2014 meningkat. Dari Rp 2, 6 juta per RTS, naik menjadi Rp 2, 8 juta per RTS. Kenaikan alokasi dana PKH tersebut berdasarkan kebutuhan masyarakat. Sementara pencairan dilakukan sebanyak empat tahap dalam setahun.

Ilustrasi

Ilustrasi

Untuk tahun 2013, dana PKH belum cair karena masih menunggu Perintah dari Kementrian Sosial RI. Dana yang diterima sebesar Rp 1, 6 Miliar dan dibagikan kepada 10162 orang RTS se Kabupaten Bima.

“Bantuannya melalui kantor pos di masing-masing kecamatan,” ujar seorang Kepala Bidang di Dinas Sosial, M Amin kepada Kahaba di ruangannya, Kamis (12/12).

Kata Amin, dana PKH tahun 2013 sudah ada di kantor Pos dan akan dicairkan sebelum tanggal 31 Desember 2013 ini.

Dia menambahkan, penerima PKH ada di 18 kecamatan se-Kabupaten Bima. Sementara  itu, untuk tahun 2014, Dinas Sosial akan melakukan pendataan ulang. Dan dari hasil pendataan, tiga  kecamatan akan diperpanjang hingga tiga tahun. Ketiganya adalah Kecamatan Ambalawi, Kecamatan Wera dan Kecamatan Bolo. Sementara 15 Kecamatan lainya, belum masuk dalam pendataan ulang.

“Kehidupan masyarakat yang belum mampu adalah kriteria dalam pendataan ulang yang akan dilakukan nantinya,” kata Amin.

Menurutnya,   dalam memperbaiki kondisi sosial ekonomi masyarakat perlu waktu yang tidak sedikit.

“Masyarakat kita umumnya masih konsumtif, bantuan dianggap cuma-cuma. Sehingga dalam hal ini butuh waktu untuk merubah sikap masyarakat. Padahal, tiap tahun tetap ada bantuan. Dan khusus untuk bantuan PKH di tahun 2014 mendatang naik menjadi Rp 2, 8 juta per RTS dari Rp 2, 6 juta di tahun 2013 ini,” tandasnya.

*SYARIF

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *