Peduli HIV/AIDS, KPHA Turun ke Jalan

Kota Bima, Kahaba.- Ratusan anggota Komunitas Peduli HIV/Aids (KPHA) Kota Bima Kamis kemarin turun ke jalan dan menggelar kampanye bahaya pencegahan penyakit berbahaya tersebut. kampanye itu di helat dalam rangka memperingati hari HIV/AIDS sedunia.

Komunitas Peduli HIV/Aids (KPHA) Kota Bima turun ke jalan menggelar kampanye bahaya pencegahan penyakit HIV/AIDS. Foto : Agus

Komunitas Peduli HIV/Aids (KPHA) Kota Bima turun ke jalan menggelar kampanye bahaya pencegahan penyakit HIV/AIDS. Foto : Agus

Massa mulai melakukan long march dari lapangan Pahlawan Raba, sepanjang jalan massa secara bergantian melakukan orasi dan berakhir di depan Kantor Pemerintah Kota Bima.

Menurut Ketua KPHA Kota Bima, dr. Akbar, kampanye tersebut bertujuan mensosialisasikan bahaya dan dampak HIV/AIDS. Karena selama ini, penyakit tersebut belum ditemukan obat untuk kesembuhannya. Dengan bahaya tersebut, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota dan Kabupaten Bima untuk  menjaga perilaku tersebut agar tidak tertular atau menularkan HIV/AIDS.

Kendati masyarakat sudah bisa  berkonsultasi, memeriksa dan mendapatkan pengobatan HIV/AIDS secara gratis di Puskesmas atau di RSUD Bima. Namun ia menegaskan, agar masyarakat menjaga pola hidup. “Hindari seks bebas, narkoba,” sarannya.

Konselor HIV/AIDS RSUD Bima itu melanjutkan, KPHA Kota Bima sendiri meliputi seluruh elemen dan lapisan masyarakat Kota dan Kabupaten Bima yakni dari kalangan Medis, Paramedis, Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Bima, Pergurunan Tinggi Swasta seperti STKIP Bima, STIE Bima, Kosambo Bima, Katupa Mbojo, Teather Biru, Akbid Harapan Bunda, Akbid Surya Mandiri, Stikes Yahya, SMK/SMA, dan Komunitas Babuju. “Mereka mereke ini telah terlibat langsung dengan tulus untuk kampanye ini,” ujarnya.

Kata dia, semua partisipan tersebut saat demo bebas memakai almamater atau kostum sesuai instansi atau komunitas masing-masing. Namun tidak lupa mengenakan seragam pita merah sebagai simbol HIV/ AIDS. “Simbol inilah yang memberikan makna ajakan penuntasan HIV/AISD di Bima yang sudah dibilang meningkat hingga 50%,” ungkapnya.

Saat kegiatan kampanye KPHA membagi brosur, Poster + VCD HIV/AIDS kepada perwakilan Polres Bima Kota, DPRD Kota Bima, DPRD Kabupaten Bima, Pengadilan Raba Bima. Yang lebih menarik massa KPHA menggelar aksi teatrikal Teather Biru STIE Bima. *AGUS

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *