Peringatan Hari Ibu di Kota Bima, Meriah

Kota Bima, Kahaba.- Upacara Peringatan Hari Ibu ke 85 yang dirangkaikan dengan HUT DWP ke 14 tingkat Kota Bima, dilaksanakan meriah Senin kemarin di Paruga Nae (Convention Hall). Kaum perempuan Kota Bima Terlihat bahagia dan anggun mengenakan kebaya dan seragam organisasi masing-masing.

Ilustrasi

Ilustrasi

Seolah menjadi tradisi di Kota Bima, moment Hari Ibu diperingati karena hari teristimewa untuk para wanita yang ada di seluruh Indonesia, begitupun halnya dengan Kota Bima.

Kegiatan tersebut dipimpin secara langsung oleh Ketua TP PKK Kota Bima sekaligus Pembina DWP, Hj. Yani Marlina HM. Qurais. Acara yang diawali dengan pembacaan sejarah hari Ibu dihadiri pula oleh Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, Sekretaris Daerah Kota Bima Ir. Muhamad Rum, dan Ina Kau Mari.

Selain itu, Ketua GOW Kota Bima Hj. Badrah Ekawati, Ketua DWP Kota Bima Ir. Hj. Baji Makarumpa, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), segenap Ketua dan anggota DWP per SKPD, dan Kecamatan lingkup Pemerintah Kota Bima.

 Dalam laporannya, Ketua Panitia Hj. Dewi Triyani H. Azhari mengatakan peringatan hari ibu ke-85 diselenggarakan dengan tema: “Peran perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan demokrasi yang partisipatif dan pembangunan yang inklusif.” Peringatan hari ibu ke-85 dan hari ulang tahun Dharma Wanita Persatuan yang ke-14 tahun 2013 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti upacara ziarah ke Taman Makam Pahlawan Palibelo Jumat lalu, Upacara puncak hari Senin 23 Desember 2013 di Halaman Kantor Walikota.

Kemudian, lomba membuat nasi goreng dengan peserta bapak-bapak PNS dari Dinas dan Instansi se-Kota Bima, lomba adzan, baca sholat dan praktek untuk anak-anak anggota DWP pada tingkat SD dan SMP lingkungan Pemerintah Kota Bima. Lalu, kegiatan gerak jalan sehat yang dilaksanakan hari Sabtu, 14 Desember lalu, Anjangsana ke SLB dan TK Binaan, serta gerakan ibu menanam yang dilaksanakan di Kelurahan Jatiwangi.

Ketua Umum DWP Hj Nila F. Moeloek Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua DWP Kota Bima, Ir. Hj. Baji Makarumpa bahwa dimulai dari cikal bakal Dharma wanita yang dibentuk pada tahun 1974 menjadi DWP, tetap berupaya berkiprah sesuai dengan visi dan misi organisasi untuk menyejahterakan PNS beserta keluarga, serta masyarakat Bangsa Indonesia pada umumnya. DWP telah secara nyata pula menunjukkan keberhasilan serta kejujuran dengan kerja tanpa pamrih, semata-mata adalah kepuasan batin dan berdampak positif bagi kinerja pns sebagai abdi pemerintah dengan berbagai kegiatan-kegiatan Bidang pendidikan, Bidang ekonomi, dan Bidang sosial budaya.

Disampaikannya pula, saat ini salah satu isu penting dalam peringatan HUT DWP ke-14 adalah masalah rokok. Rokok jelas menyebabkan kecanduan. Anak muda kita sudah mengenal rokok sejak usia sangat dini dan ketergantungan mereka terhadap rokok akan terlihat sampai usia lanjut. “Oleh karenanya perlu dilakukan usaha untuk mencegah agar anak-anak kita tidak memulai merokok sejak usia dini. Kiranya anggota DWP dapat memahami dan dapat meluaskan pengetahuan ini kepada keluarga dan lingkungan sekitar sehingga membuat perempuan indonesia berpengetahuan dan membuat anak-anak kita menjadi anak yang cerdas dan menjadi generasi bangsa yang tangguh,” jelasnya.

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin dalam arahannya mengajak agar momentum Peringatan Hari Ibu yang ke-85, sekaligus hari ulang tahun Dharma Wanita Persatuan yang ke-14, merupakan moment untuk kembali mengingatkan betapa pentingnya keberadaan kaum perempuan dalam pembangunan suatu bangsa.

Secara khusus Walikota Bima memberikan apresiasi kepada para pahlawan pemberdayaan yaitu para kaum ibu pada umumnya serta seluruh kader dan penggerak  organisasi kewanitaan, atas kerja keras yang telah dilakukan untuk memberikan rasa aman dan tenteram kepada keluarga dan masyarakat.

Disampaikannya pula bahwa dengan peran tersebut, para pahlawan pemberdayaan ini telah mendukung Millennium Developmen Goal’s atau MDGS, karena peran dan fungsi gerakan organisasi  kewanitaan, khususnya PKK dengan sepuluh program pokoknya, mengacu pada tujuan dan target dari Millenium Development Goals.

“Melalui momentum ini, saya menyampaikan ucapan selamat atas segala prestasi yang sudah diraih oleh TP PKK, GOW, maupun DWP Kota Bima. Untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan, Saya juga ingin mengajak seluruh kader TP PKK, GOW, maupun DWP Kota Bima, untuk turut aktif dalam upaya meraih Piala Adipura,” harapnya.

Ditekankannya pula begaimana pentingnya keterlibatan kaum ibu dalam pengelolaan sampah, serta hal-hal lain demi peningkatan kualitas hidup masyarakat, misalnya penerapan perilaku hidup bersih serta pemanfaatan pekarangan dalam program kawasan rumah pangan lestari.

Diakhir acara dilakukan pemotongan tumpeng oleh Walikota Bima HM Qurais H. Abidin didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Bima Hj Yani Marlina HM Qurais yang didampingi pula oleh Wakil Walikota Bima dan Sekretaris Daerah Kota Bima.

*BIN

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *