Rehab Rumah Sudah Berjalan 70 Persen

Kota Bima, Kahaba.- Pelaksanaan rehabilitasi rumah tidak layak huni di sejumlah Kelurahan Kota Bima hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 70 persen. Dan sekarang, kepada rumah tangga sasaran yang menerima bantuan di bantu oleh kelompok masih terus melaksanakan sisa tahap akhir. Direncanakan, rehab selesai pada tanggal 31 Januari.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kelurahan (BPMPK) Kota Bima, A. Farid menjelaskan, untuk anggaran yang bersumber dari Pemerintah Provinsi NTB Rp 1, 250 miliar  untuk rumah sebanyak 250 unit, pencairan anggaran sudah pada tahap dua. Sementara pekerjaannya sudah melewati 70 persen di masing – masing Kelurahan. “Sisanya 25 persen sedang berjalan, semoga saja bisa rampung akhir Januari ini,” harapnya, Jumat (10/1).

Demikian pula untuk rumah tangga sasaran yang menerima bantuan dari Pemerintah Kota Bima. Dengan jumlah anggaran sebanyak Rp 650 juta untuk rumah sebanyak 160 unit, pencairan anggarannya sudah 50 persen selesai. Target selesai pun direncanakan 31 Januari. “Kalau tidak selesai, itu akan menjadi tanggungjawab kelompok. Mereka sudah tanda tangan pakta integritas, jika tahap pertama tidak selesai 50 persen, maka kami tidak akan tanda tangan rekomendasi pencairan tahap kedua,” tegasnya.

Bahkan, lanjutnya, jika ada masyarakat yang melihat rehab rumah tidak layak huni tersebut terlalu besar dibandingkan dengan Rencana Anggaran biaya (RAB), maka pihaknya akan membuatkan pernyataan kepada penerima bantuan, sanggupkah mereka menyelesaikan dalam batas akhir. Kalau tidak sanggup, maka menjadi tanggungjawab kelompok. Kemudian yang kedua yakni, pihaknya juga akan melihat keuangan tahap kedua, dalam perjanjiannya akan dikembalikan, jika pelaksanaan belum selesai. “Namun sejauh ini, belum ada hambatan yang berarti,” ujarnya.

Ditanya bentuk pengawasan pelaksanaan, ia mengaku pihaknya sudah membentuk tim dari Kelurahan, Kecamatan dan dari tingkat Kota, untuk memantau pelaksanaannya. “Dan hingga saat ini ini belum ada persoalan. Semua berjalan dengan lancar,” tambahnya.

*BIN

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *