Kabar Bima

Dugaan Permainan CPNS K2, DPRD Segera Bentuk Pansus

371
×

Dugaan Permainan CPNS K2, DPRD Segera Bentuk Pansus

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- menyikapi polemik seleksi CPNS Kategori II, Komisi I DPRD Kabupaten Bima, akan segera membentuk Panitia Khusus untuk menangani dugaan “Permainan” dalam penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) K2 beberapa waktu lalu.

Dugaan Permainan CPNS K2, DPRD Segera Bentuk Pansus - Kabar Harian Bima

Baharuddin, SH, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bima. Foto: SYARIF
Baharuddin, SH, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bima. Foto: SYARIF

Pemebntukan Pansus itu dilatarbelakangi dengan adanya dugaan permainan dalam seleksi CPNS yang berbuntut kekecewaan sejumlah tenaga honor yang tidak lulus.

“Pansus dugaan permainan penerimaan calon PNS K2 di Kabupaten Bima, akan segera kami bentuk. Ini adalah wujud komitmen dan keseriusan Komisi I untuk membongkar kejanggalan yang terjadi,” ujar ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bima, Baharudin SH kepada wartawan, Senin (24/02/14).

Namun pansus tersebut, kata dia, akan dilakukan usai rapat internal dengan sejumlah fraksi di DPRD Kabupaten Bima, dalam minggu ini.

“Tunggu saja, Pansu tetap kami laksanakan,” tegasnya.

Tujuan untuk pembentukan pansus tersebut adalah untuk membongkar data awal perangkingan para CPNS di Kabupaten Bima. Karena itu, pihaknya sangat yakin ada indikasi penyimpangan pada penerimaan CPNS K2 di Kabupaten Bima.

“Beberapa temuan sudah ada dan semakin menguat adanya indikasi itu,” tambahnya.

Dia menegaskan, dalam hal ini Pemkab Bima, harus bertanggungjawab dalam dugaan permainan seleksi CPNS K2 tersebut, sekaligus ikut membuktikan jika tidak ada kesalahan ataupun dugaan permainan sebagaimana yang dipermasalahkan oleh sejumlah tenaga honorer saat ini. Sikap ketegasan Pemkab Bima itu, kata dia, sangat diperlukan. Sebab permasalahan tersebut dinilai sangat krusial karena ada pihak yang dirugikan.

“Kalau yang tidak memenuhi syarat itu jangan diluluskan,” tandasnya.

Dia menegaskan, selain membentuk pansus, pihaknya juga akan melakukan klarifikasi tenaga honorer  siluman yang diduiga bermasalah. Selain itu, pihaknya juga akan meminta ketegasan BKD Kabupaten Bima terkait nasib tenaga honor yang telah bertahun-tahun mengabdikan dirinya sebagai tenaga honorer daerah.

Hingga berita ini ditulis, Kepala BKD setempat belum berhasil ditemui. Informasi yang dihendus wartawan, saat ini Kepala BKD sedang dinas luar daerah bersama Bupati Bima, di Sulawesi Selatan (Sulsel). * SYARIF