Kegiatan TMMD Jadi Wadah Aspirasi

Kabupaten Bima, Kahaba.- Upacara pembukaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke – 92 Komando Distrik Militer 1608 Bima Tahun Anggaran 2014 dipusatkan di lapangan Desa Kuta Kecamatan Parado Rabu (21/5).

Upacara TMMD di Desa Parado. Foto: Humas

Upacara TMMD di Desa Parado. Foto: Humas

Kepala Staf Komando Daerah  Militer (Kodam) IX Udayana Bridjen TNI Danu Wanawi selaku Inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan program TMMD kali ini merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian,  Lembaga Pemerintahan Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.

“Program TMMD ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan. Sebab proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai intansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD serta disusun dengan sistem perencanaan dari bawah,” ujarnya.

Oleh karena itulah lanjutnya, peran dan kerjasama yang erat dari semua stekholder dan didukung partisipasi aktif masyarakat merupakan penentu keberhasilan Tentara Manunggal Membangun Desa.

Dikatakan pula bahwa selama ini program TMMD telah membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sementara Komandan Kodim 1608 Bima Letkol Infranteri Tommy Ferry dalam laporanya memaparkan kegiatan TMMD dilaksanakan mulai tanggal 21 Mei s/d 10 Juni 2014 dengan cakupan pembangunan sarana dan prasarana misalnya perbaikan sarana jalan, perbaikan (rehab) sarana Masjid dan Mushola, pembangunan MCK bagi masyarakat. “Kegiatan lainnya adalah rabatnisasi gang  di desa Parado Rato dan Parado Kuta,” sebutnya

Dandim menjelaskan,  kegiatan TMMD juga diharapkan dapat menjadikan masyarakat tangguh dalam rangka mempertahankan kepentingan pertahanan Negara. Sekaligus mengajak warga masyarakat agar dapat hidup bersih dan sehat.

*YUDA/HUM

 

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *