MJC Agendakan Jurnalistik Goes to School

Kota Bima, Kahaba.- Memperkenalkan lebih jauh tentang dunia jurnalistik kepada pelajar, Komunitas wartawan Bima, Mbojo Journalist Club (MJC) bakal menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik Goes to School.

Ilustrasi

Ilustrasi

Pelatihan dengan mengusung tema “Menulis, Melukis Peradaban” tersebut melibatkan para pelajar Madrasah Aliyah dan SMA sebagai peserta. Dijadwalkan, pelatihan pada tanggal 24 Mei di MAN 1 Kota Bima dan 26 Mei 2014 di SMA Negeri 2 Kota Bima.

Ketua Panitia Kegiatan, Faharudin mengatakan jurnalistik merupakan dunia yang memiliki keasyikan tersendiri dan memberi banyak manfaat untuk pengembangan kemampuan diri, terutama menulis dan peka terhadap persoalan.

Pelajar dan mahasiswa pun perlu diperkenalkan dan diakrabkan dengan dunia tersebut. Salah satunya adalah kemampuan dalam mengelolanya. “Perlunya pelajar dalam mendalami jurnalistik, khususnya jurnalistik media (koran, majalah) akan membawa dampak positif,” terangnya.

Salah satunya kata dia, adalah ketrampilan mereka di dalam mengelola media massa. Dengan memiliki ketrampilan di dalam mengelola media massa, maka peluang remaja untuk terjun di dalam dunia jurnalistik akan terbuka lebar.

Jurnalistik juga merupakan bagian dari dunia pelajar yang tidak asing lagi. “Di sekolah mereka telah dikenalkan tulis menulis dan pembuatan karya ilmiah maupun esai. Jadi, jurnalistik sebenarnya bukan hal baru bagi mereka,” ungkap wartawan kahaba.net tersebut.

Sekretaris kegiatan Ady Supriadi menambahkan, program pelatihan tersebut merupakan salah satu ikhtiar dalam rangka mengembangkan skill remaja di Indonesia dalam dunia jurnalistik atau kepenulisan. “Materi dalam pelatihan jurnalistik ini tidak membebani pelajar dengan tema-tema yang berat. Namun diupayakan peserta merasa senang dan enjoy di dalam mengikuti pelatihan,” tuturnya.

Dengan Pelatihan ini lanjutnya, diharapkan akan memunculkan remaja dan pelajar yang memiliki kemampuan di dalam mengelola media massa secara handal. Selain itu, mengenalkan kepada pelajar tentang seluk-beluk dunia jurnalistik serta menumbuhkan kecerdasan dan kreativitas pelajar melalui tradisi jurnalistik. “Target kita adalah meningkatkan kemampuan jurnalis kaum muda secara otonom dan mandiri,” pungkasnya.

*BIN

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *