Kabar Bima

Sangeang Api Semburkan Awan Panas

513
×

Sangeang Api Semburkan Awan Panas

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Gunung Sangeang api yang berada di Desa Sangeang Kecamatan Wera Kabupaten Bima, Jum’at 15:45 WITA menyemburkan awan panas dan abu vulkanik. Awan panas membumbung tinggi diatas langit Bima.

Gunung Sangeangmengeluarkan  Awan Panas.
Gunung Sangeangmengeluarkan Awan Panas.

Kepala Pos Pengamatan Sangeang Api H. Junaidin A. Wahab mengatakan, sebelumnya memang ada gempa. Tidak lama kemudian, gunung api itu menyemburkan awan panas dan abu vulkanik. “Arah asapnya ke arah Timur Selatan,” ujarnya saat dihubungi via celuller, Jumat (30/5).

Sangeang Api Semburkan Awan Panas - Kabar Harian Bima

Ia mengaku, tidak hanya asap, yang dihembuskan juga bebatuan. Diperkirakan, asap akan menyebar tak berapa lama kemudian ke wilayah sekitarnya.

Bahkan, lanjutnya, karena tingginya semburan, awan disertai debu akan mengarah ke Kota Bima dan sekitarnya. “Sementara status Gunung Sangiang Api masih siaga dan belum ditingkatkan ke waspada karena masih menunggu keuptusan kepala PVMBG Bandung,” katanya.

Status waspada berlaku untuk Gunung tersebut sejak awal Tahun 2013 lalu, namun baru kali ini, semenjak Tahun 1986, kembali mengeluarkan semburan asap dan abu vulkanik.

Sementara itu, warga desa sekitar gunung api mulai mengungsi di sekitar Desa yang aman. Namun, puluhan Kepala Keluarga (KK) yang berada di dalam pulau Sangeang sendiri, enggan diungsikan sebelum gunung tersebut meletus.

*DEDY