Kabar Bima

Sangeang Meletus, Pelayaran tak Terganggu

238
×

Sangeang Meletus, Pelayaran tak Terganggu

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kendati semburan debu vulkanik gunung Sangeang Api Kecamatan Wera Kabupaten Bima sudah meluas di sejumlah daerah. Namun tidak menganggu aktifitas pelayaran, di Pelabuhan Bima.

Ilustrasi
Ilustrasi

Menurut Pejabat PT. Pelayaran Nasional (Pelni) Bima, Slamet Sadriana memastikan sejauh ini tak ada kendala yang menganggu pelayaran. Dampak semburan debu Gunung Sangeang Api Kapal Motor (KM) yang beroperasi, baik yang berangkat dan maupun tiba di Pelabuhan Bima, tetap berlayar sebagaimana jadwal yang ditetapkan.

Sangeang Meletus, Pelayaran tak Terganggu - Kabar Harian Bima

Hasil konfirmasi pihaknya dengan Kapten KM Willis yang akan berlayar menuju Pelabuhan Bima, via celuller Sabtu (31/5). Willis yang akan berangkat dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makasar Sulawesi Selatan, Ahad (1/6), dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Bima pada Senin (2/6) Sore, tidak akan terganggu pelalaran. “Insyaallah nanti Willis tiba di Pelabuhan Bima sesuai jadwal yang ditentukan,” ujarnya.

Kata dia, situasi kabut yang kemungkinan akan menyelimuti laut Sulawesi, hingga kini belum berdampak pada perubahan dan penundaan jadwal pelayaran.

Lanjutnya, tidak hanya KM Willis, KM yang tetap beroperasi sebagaimana jadwal yang ditentukan yakni KM Tilongkabila. Sementara dua KM lain, Awu dan Sirimau, masih dalam perbaikan di Surabaya, “Pekan ini akan berlayar kembali,“jelasnya.

Slamet menambahkan, jika kondisi buruk akibat semburan Sangeang Api, keputusan pelayaran sejumlah KM, tentu akan di konfirmasi kembali ke pihaknya. “Bisa saja nanti ditunda jadwal pelayaran. Kami akan terus berkoordinasi baik dengan nakhoda KM, pun dengan pihak terkait,” tambahnya.

*BIN