Kabar Bima

Debu Vulkanik Sangeang Api, Bandara Bima Ditutup

318
×

Debu Vulkanik Sangeang Api, Bandara Bima Ditutup

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Akibatsemburan debu vulkanik Gunung Sangeang Api Kecamatan Wera Kabupaten Bima, tidak hanya Pelabuhan Sape yang ditutup aktifitas penyeberangannya. Aktifitas penerbangan Bandar udara (Bandara) Sultan Muhammad Salahuddin Bima, juga dihentikan untuk sementara waktu.

Ilustrasi
Ilustrasi

Keputusan pihak Bandara tersebut diambil setelah mendapat rekomendasi dari pihak BMKG Bima, ATC dan pertimbangan dari pilot. Pihaknya menggelar rapat dan memutuskan pada pukul 12.00 sampai dengan pukul 16.00 WITA, Bandara di tutup.

Debu Vulkanik Sangeang Api, Bandara Bima Ditutup - Kabar Harian Bima

“Yang ditutup aktifitas penerbangan hanya untuk jadwal sore. Untuk dua penerbangan, yakni Garuda dan Wings rute Bima – Denpasar,” ujar Pelaksana Harian Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Siti Rahmah, S.Sos, Sabtu (31/5).

Sebelum Bandara di tutup, ia mengakui, pada pagi harinya aktifitas penerbangan berjalan seperti biasa. Dua pesawat Garuda dan Lion untuk rute Denpasar – Bima. “Pagi hari cuacanya cerah. Jadi tidak menganggu. Tapi menjelang siang, jarak pandang sudah mulai berkurang,” terangnya.

Sementara rencana dibuka kembalinya aktifitas Bandara, lanjut Rahmah, pihaknya akan menunggu rekomendasi lanjutan dari BMKG dan ATC pada pukul 06.00 WITA, Ahad (1/6).

*BIN