46 Siswa MAN 1 Kota Bima Lulus PTN

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 46 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bima berhasil lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru pada sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Dari jumlah itu, 40 diantaranya lulus pada PTN Islam sedangkan 6 orang sisanya lulus pada PTN umum melalui SBMPTN.

Kepala MAN 1 Kota Bima, Mansyur, S.Ag

Kepala MAN 1 Kota Bima, Mansyur, S.Ag

Para siswa tersebut dipastikan lulus setelah ada pengumuman resmi dari panitia pelaksana seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dituju. Dalam waktu dekat, mereka diharuskan melengkapi berbagai kebutuhan administrasi sebagai syarat untuk mendaftar ulang.

“Alhmadulillah, siswa MAN 1 yang lulus PTN melalui seleksi pada tahun ini mengalami peningkatan yang cukup banyak,” kata Kepala MAN 1 Kota Bima, Mansyur, S.Ag di MAN 1 Kota Bima.

Pada tahun lalu, jelas Mansyur, siswa yang lulus seleksi PTN sekitar 28 orang. Tahun ini meningkat dua kali lipat. Tentunya ini menjadi catatan prestasi bagi sekolah berbasis Islam tersebut. Sebab terjadi banyak peningkatan dari aspek kualitas pendidikan selama dipimpin oleh dirinya.

“Mudah-mudahan, para siswa yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi itu dapat mengharumkan nama sekolah di kampus mereka masing-masing nantinya,” harap Mansyur.

Beberapa perguruan tinggi yang dituju para siswa diantaranya, IAIN Mataram, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Alaudin Makassar, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banteng, Universitas Negeri Makassar, Universitas Mataram, dan Universitas Islam Negeri Jakarta.

Mereka lulus pada sejumlah disiplin ilmu seperti Pendidikan TIK, Peternakan, Ilmu Perpustakaan, Pendidikan Kimia, Pendidikan Antropologi, Biologi, Bahasa Arab, PAI, Ekonomi Islam, Fisika, Bahasa dan Sastra Inggris. “Ada juga yang mengambil disiplin ilmu Asuransi Syariah, Pendidikan IPS, Sastra Inggris maupun Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,” terang Mansyur.

Dikatakannya, upaya peningkatan mutu pendidikan di MAN 1 Kota Bima terus dilakukan. Ke depan Madrasah unggulan di Kota Bima itu diimpikan menjadi sekolah favorit dengan mutu pendidikan bertaraf internasional. “Upaya itu sudah membuahkan hasil dan kami optimis tahun depan akan terjadi peningkatan lagi jumlah siswa yang masuk PTN ternama di Indonesia,” ujar Mansyur.

*BIN

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *