62 Peserta UN, Absen di Hari Pertama

Kota Bima, Kahaba.- Berdasarkan data Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima dari total keseluruhan peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTS tahun 2012 sebayak 2.810 orang, diantaranya 62 siswa berdasarkan absensi UN di hari pertama dinyatakan tidak hadir dengan alasan yang tidak jelas. Sementara, UN di hari pertama dilaporkan tak ada kendala yang berarti.

Peserta UN di SMP Negeri 5 Kota Bima. Foto:Buser

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dikpora Kota Bima, Drs. A. Azis, yang di temui Kahaba di kantornya, Senin (23/4), mengatakan, data peserta UN tahun ini untuk tingkat SMP Negeri maupun Swasta mencapai 1.975 orang, dan MTs Negeri maupun Swasta pula sebayak 835 orang, sehingga totalnya mencapai 2.810 siswa, dengan jumlah ruangan yang terpakai sebayak 140 ruangan yang terbagi di 15 SMP negeri, 13 SMP swasta dan 10 ruangan di MTs.

Berdasarkan data absensi yang dihimpun petugas, diketahui jumlah keseluruhan peserta yang tidak hadir UN untuk hari pertama mencapai 62  orang, yang terbayak tidak hadir yaitu di SMPN 13 dan SMPN 14 masing-masing sebanyak 10 orang, 7 orang di SMP Al-Ihwan, kemudian 4 orang masing-masing di SMP Muhamadiyah dan SMP 15 dan beberapa siswa di SMP lainnya. Berdasarkan data absensi, tidak jelas apa yang menjadi alasan ketidakhadiran para siswa tersebut. Hal ini akan ditindaklanjuti kemudian oleh para guru dan pengawas, ujar Azis.

Azis menambahkan, belum ada ditemukan kendala di lapangan dari pantauan pengawas yang ada, hanya saja di SMPN 7 dan MTS Al-Qitab, di mana dua lembar segel untuk amplop pengembalian LJK tidak ditemukan di dalamny. Oleh karena itu, pihak sekolah dan pengawas yang juga disaksikan pihak kepolisian sudah membuat berita acara untuk masalah dimaksud.
Terkait dengan mata pelajaran yang diujikan sebayak empat mata pelajaran, yaitu, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematikan, dan IPA. Untuk waktu UN, direncanakan sampai empat hari mulai hari ini, Senin (23/4) sampai dengan Kamis (26/4). Sedangkan standar penilaian masih seperti tahun sebelumnya yakni 5,5.

“Kami optimis tingkat kelulusan akan lebih meningkat atau setara dengan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya persentase kelulusan di Kota Bima tingkat SMP/MTs sederajat mencapai 98 persen,” jelasnya. [BS]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *