Kabar Bima

SMPN 1 Kota Bima Raih Penghargaan Adiwiyata 2014

249
×

SMPN 1 Kota Bima Raih Penghargaan Adiwiyata 2014

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Adiwiyata merupakan salah satu program kompetisi sekolah peduli dan berbudaya lingkungan tingkat nasional. Di tingkat Provinsi NTB, SMPN 1 Kota Bima meraih Penghargaan tersebut (Adiwiyata 2014,red).

Kepala BLH Kota Bima Ir. Abdurrahman Iba. Foto: Dedy
Kepala BLH Kota Bima Ir. Abdurrahman Iba. Foto: Dedy

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bima Ir. Abdurrahman Iba pada kahaba mengatakan, Program dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup itu bertujuan mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran siswa dalam upaya pelestarian Lingkungan Hidup.

SMPN 1 Kota Bima Raih Penghargaan Adiwiyata 2014 - Kabar Harian Bima

Diharapkan juga, setiap siswa terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dari dampak lingkungan yang kurang baik atau  negatif. “SMPN 1 Kota Bima telah melakukan itu dan berhasil meraih Penghargaan Adiwiyata 2014,” ujarnya, Kamis (12/6).

Ia menjelaskan, ada empat komponen penting dalam program  Adiwiyata , yakni kebijakan, kurikulum peduli lingkungan, sarana prasarana dan kelompok kerja. “Selain itu, inti dari  Adiwiyata itu sendiri adalah sekolah hijau, rindang dan peduli lingkungan,” sebutnya.

Setelah mendapat penghargaan tersebut, lanjutnya, SMP Negeri 1 Bima berkewajiban untuk memberikan contoh sekolah-sekolah lain yang ada di Kota Bima.

Menurut Abdurrahman, penghargaan ditingkat Provinsi itu, berpeluang memperoleh penghargaan tingkat Nasional Juli mendatang. “SMPN 1 Kota Bima satu-satunya sekolah yang terpilih seluruh NTB untuk mengikuti program Adiwiyata ditingkat Nasional,” terangnya.

*DEDY