Status Gunung Sangiang Diturunkan

Kabupaten Bima, Kahaba.-Pasca letusan awal Juni lalu, mulai tanggal 17 Juni 2014 sekitar pukul 17.00 WITA, Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)  Bandung menetapkan status Gunung Sangeang Api Bima, turun dari siaga (level III) menjadi waspada (level II).

Gunung Sangeang mengeluarkan  Awan Panas.  Foto: Dok

Gunung Sangeang mengeluarkan Awan Panas. Foto: Dok

Kepala BPBD Kabupaten Bima A. Wahab Usman, SH mengatakan penurunan status tersebut berdasarkan hasil analisa aktifitas kegempaan dan pengamatan. Pemantauan visual dan instrumen serta potensi ancaman bahayanyakemudian menetapkan turunnya status Gunung SangeangApi.

Kata dia, meski kabut asap masih menutupi puncak gunung, namun pengamatan visual  Gunung Sangeang Apitidak lagi terjadi erupsi. “Sampai saat ini kami masih menutup segala aktifitas masyarakat sejauh 5 km dari gunung,” ujarnya.

Diakui Wahab, status darurat bencana sudah dicabut, bahkan seluruh posko bencana yang ada sebelumnya sudah ditarik dari wilayah Kecamatan Wera. Namun, beberapa petugas khusus untuk pemantauan masih ditempatkan bersama petugas Pos Pemantau Gunung Sangeang Api.”Meski sudah turun, kita tetap himbau masyarakat tetap waspada.” katanya.

*DEDY

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *