Kabar Bima

Unik, TPS Belo Ajak Pemilih Dengan Gantao

231
×

Unik, TPS Belo Ajak Pemilih Dengan Gantao

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ada yang unik saat proses Pilpres di Desa Belo. Ingin mengajak masayrakat untuk tidak golput dan memberikan hak suaranya, pemuda yang tergabung dalam Relawan Demokrasi mengadakan pertunjukan Gantao (Kesenian Tradisional).

Ilustrasi
Ilustrasi

Pertunjukan yang diadakan sejak pagi itu pun dinilai ampuh. Pasalnya warga berbondong-bondong mendatangi TPS. Padahal, saat pagi hari banyak warga yang berangkat ke sawah untuk beraktifitas. Sementara di sejumlah TPS desa setempat masih terlihat sepi.

Unik, TPS Belo Ajak Pemilih Dengan Gantao - Kabar Harian Bima

Melihat kondisi tersebut, relawan berinisiatif mendatangi warga, menghimbau dan mengajak untuk memilih. Di samping dengan menggunakan lisan, para relawan ini pun memainkan musik kesenian Gantao.

Salah seorang relawan, Ahmad Fajuri, menuturkan cara itu memang upaya pihaknya mencari masyarakat yang belum memilih, termasuk yang ada di sawah-sawah. Karena agenda Pilpres diadakan satu kali dalam 5 tahun, maka perlu diberikan kesadaran untuk memberikan hak politiknya. “Setelah memilih mereka bisa melanjutkan kembali aktifitas di sawah,” ujarnya.

Ia mengaku, sengaja pihaknya menggunakan unsur budaya. Karena dengan pendekatan budaya tersebut mampu membuat masyarakat lebih tertarik. Setelah adanya pertunjukan tersebut, animo masyarakat meningkat. “Masyarakat bisa datang menonton pertunjukan kesenian Gantao sekaligus menyampaikan hak pilih,” katanya.

*BIN