KPU tak Terpengaruh Hasil Quick Count

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kendati hasil perhitungan cepat (quick count) yang berbeda-beda dari sejumlah lembaga survei, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, Siti Nursusila Sip, MMIp, menegaskan pihaknya tidak terpengaruh.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila Sip, MMIp,

Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila Sip, MMIp,

“Data resmi itu adalah data yang diperoleh secara berjenjang dan kami merasa tidak terpengaruh oleh hasil lembaga survei manapun,” tegasnya.

Menurut dia, sah-sah saja jika lembaga survei yang merilis hasil quick count mengklaim siapa calon yang unggul. Namun, tetap saja itu tidak bisa dijadikan acuan hukum karena tidak memiliki dasar.

Karenanya, dalam menentukan hasil Pilpres, pihaknya tetap akan mengacu kepada hasil rekapitulasi yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat pusat.

Pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta mengawasi jalannya rekapitulasi penghitungan suara sesuai tingkatannya.

“KPU tidak merasa tertekan dan ditekan. KPU tetap mempercayakan hasil penghitungan suara dari proses rekap berjenjang ini. Justru kami meminta masyarakat untuk bersama-sama mengawalnya,” ujar Susila.

Demikian pula disampaikan Ketua Panwaslu Kabupaten Bima, Sukarman, SH, MH. Menurutnya, perbedaan hasil hitung cepat telah membingungkan masyarakat karena saling mengunggulkan pasangan calon yang berbeda.

Untuk menyikapinya, masyarakat diingatkan bersabar menunggu hasil resmi hasil hitung manual (real count) dari KPU tanggal 22 Juli mendatang.

*ERDE

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

  1. mada la gajah

    aina mboto cowa susilae…… mboto mpanga mena mu suara di tingkat rekapitulasi pps tingkat kelurahan / desa re, alibi kai manggi c-1 sancau. ma mboha ncau ba ndada pere ari siwe, ma samema sama siwe mena mu pede ari ntika keceweae, caki ka mpoi mu sisa kertas suara sampe wodo mpoi DPT wunga caleg re. au ra rawi mena mu ndi rumpa ba srumbu mu, roi wadi pu na kura umu mu colu hela jari kakimu. ank buahmu di kpps dan ppk niki rasa arie. … ti iu mu ncara ngomi., ngena mai ndada di weki mena mu., ruma ti mbuda na. sementara ake selamat menikmati ni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *