Kabar Bima

Mobil Ambulance Pemkot Bima Jadi “Dagangan”

271
×

Mobil Ambulance Pemkot Bima Jadi “Dagangan”

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Mobil Ambulance milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bima yang diperuntukan bagi warga Kota Bima diluar daerah, kini seolah berubah fungsi. Jika awalnya Walikota Bima mengaku mobil itu digratiskan, kini justru berubaha jadi barang dagangan.

Mobil Ambulance milik Pemkot. Foto : Bin
Mobil Ambulance milik Pemkot. Foto : Bin

Jumlahnya pun tidak sedikit, mobil yang dipakai dari Mataram ke Bima, untuk membawa jenazah warga Kota Bima, pihak keluarga yang meninggal harus merogoh kocek sebanyak Rp 3 juta rupiah.

Mobil Ambulance Pemkot Bima Jadi “Dagangan” - Kabar Harian Bima

Haris, warga Kelurahan Rabangodu Utara mengaku, Senin (18/8) pagi keluarganya tertimpa musibah. Pamannya meninggal dunia karena kecelakaan di Lombok Barat NTB. Kemudian siang harinya, dipulangkan ke Kota Bima menggunakan mobil Ambulance milik Pemkot Bima, yang dikelola oleh warga Kota Bima di Mataram.

Awalnya, ia dan keluarganya dimintai uang senilai Rp 750.000. Karena berpikir untuk biaya bensin dan penyebrangan, uang itu pun diberikan. Namun saat tiba di rumah duka, sopir justru meminta uang sebanyak Rp 3 juta rupiah.

Karena sudah bersyukur jenazah sudah tiba di Kota Bima, ia dan keluarga tidak mempermasalahkannya. Namun dirinya membatin, jika Mobil Ambulance milik Pemkot Bima memang digratiskan untuk mengurus orang sakit dan membawa pulang warga Kota Bima yang meninggal diluar daerah.

“Kami tidak mempermasalahkannya. Hanya saja nanti jika ada warga Kota Bima yang mengalami hal yang sama, kemudian dimintai uang sebanyak itu, Ambulance gratis pun tidak berfungsi seperti niat hajat awal,” sorotnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Drs. H. Azhari yang dihubungi mengaku tidak tahu pasti bentuk pengelolaan Mobil tersebut. “Mobil itu memang digratiskan. Pemkot Bima sudah serahkan ke warga Bima yang ada di Mataram untuk dikelola. Tapi bentuk pengelolaannya kami belum tahu. Nanti kita coba cek dulu,” ujarnya.

Untuk memastikan kebenaran, ia pun berencana mendatangi rumah duka dan menanyakan proses pembayarannya. “Nanti kita temui pihak keluarganya,” kata Azhari.

Plt. Kabag Umum Setda Kota Bima, Rusdan, SE yang didatangi Kahaba kaitan masalah itu mengatakan, bagiannya hanya pihak yang mengadakan sarana mobil Ambulance tersebut. “Tekhnis pengelolaannya kami tidak paham, apakah dibayar atau tidak oleh warga yang menggunakan,” tuturnya.

Namun yang pasti, diakuinya, mobil itu diserahkan oleh Pemerintah Kota Bima ke paguyuban Kerukunan Keluarga Bima Dompu yang ada di Mataram.

Sementara itu, Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Gazali menyatakan, uang yang dikeluarkan oleh keluarga korban sudah diganti oleh Pemerintah Kota Bima.

*BIN