Gerak Jalan, Sarana Tingkatkan Disiplin Siswa

Kota Bima, Kahaba.- Dalam dunia pendidikan, sikap dan prilaku disiplin merupakan hal yang sangat penting dan diutamakan. Sekolah pun, berbagai cara pun dilakukan untuk meningkatkan disiplin anak didiknya. Salah satunya, gerak jalan.

Gerak Jalan Indah yang digelar Kwarcab Pramuka Kota Bima. Foto: Bin

Gerak Jalan Indah yang digelar Kwarcab Pramuka Kota Bima. Foto: Bin

Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bima Yun Kamaruddin, SH mengaku, gerak jalan atau yang identik dengan mempelajari caranya baris berbaris, merupakan salah satu sarana meningkatkan kedisiplinan sisiwa. “Keterampilan ini mengajarkan siswa untuk disiplin dalam gerak dan keserasian,” ujarnya. Kamis (21/8) kemarin.

Upaya meningkatkan kedisiplinan siswa, kata dia, tidak hanya menjadi tugas sekolah dan orang tua. Kwarcap Kota Bima juga ikut mengambil peran, yakni menggelar lomba gerak jalan indah tingkat SD hingga SMA.

Untuk kegiatan itu, sudah dimulai sejak tanggal 19 Agustus – 21 Agustus. Tingkat SD diikuti sebanyak 138 regu, SMP sebanyak 43 regu dan SMA sebanyak 37 regu. Siswa yang mengikuti lomba itu tersebar di sekolah swasta dan negeri lingkup Kota Bima.

“Sekolah agama juga ikut mengirimkan siswa pada lomba gerak jalan yang kami gelar ini,” tuturnya saat ditemui di lapangan Pahlawan Raba.

Selama tiga hari berturut-turut sepanjang jalan Soekarno Hatta dipadati warga. Mereka berjejer dipinggir jalan untuk menyaksikan gerak jalan indah tersebut.

“Harapan kami, disiplin baris – berbaris yang telah dipelajari siswa bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kedisiplinan sisiwa juga merupakan penilaian guru dalam kurikulum 2013 berbasis pendidikan karakter universal,” tambahnya.

*BIN

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *