Kartu Kendali untuk Cegah Penculikan Anak

Kota Bima, Kahaba.- Kasus penculikan anak seolah menjadi tamparan bagi orang tua terhadap pentingnya meningkatkan pengawasan terhadap anak. Apalagi, modus yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya, dilakukan dengan berbagai cara.

Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima. Foto: Bin

Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima. Foto: Bin

Menjaga agar tidak muncul kasus penculikan anak di sekolah, perlu adanya koordinasi dari sekolah dan orangtua siswa. Bila perlu sekolah harus buat kartu kendali bagi orang yang menjemput usai pulang sekolah.

“Tujuan dibuatnya kartu kendali agar pihak sekolah mengetahui siapa yang datang menjemput anak. Jika yang datang tidak mengenakan kartu kendali, maka guru atau satpam sekolah berhak menanyakan identitas mereka,” ujar Plt. Kabag Humas dan Protokol Sekda Kota Bima, Ihya Gazali, S.Sos.

Dengan kartu kendali, lanjutnya, orang tua yang berhalangan datang menjemput, anak mengetahui siapa yang datang menggantikan orang tua.

“Tapi sebelum kartu kendali dibuat, perlu ada koordinasi terlebih dahulu antara pihak sekolah dan orangtua murid. Sehingga ada kesamaan persepsi untuk menerapkannya,” tutur pria yang akrab dipanggil Gozil itu.

Belajar dari kasus penculikan itu, katanya, Pemerintah Kota Bima akan berupaya maksimal memberikan kenyamanan kepada masyarakat dan sekolah agar motivasi anak tidak terganggu karena persoalan tersebut.

“Pada setiap kesempatan seperti khutbah Jum’at dan kegiatan kemasyarakatan pencerahan untuk meningkatkan kewaspadaan akan tetap diberikan,” ujarnya.

Untuk mencegah tindak kejahatan itu tidak terulang, orang tua juga diingatkan tidak memakaikan perhiasan mencolok kepada anak. Sebab itu akan mengundang niat jahat orang lain.

*ERDE

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *