Penerapan Kartu Kendali Disepakati Dikpora

Kota Bima, Kahaba.- Bertujuan mencegah penculikan anak seperti yang terjadi beberapa lalu di Kota Bima, Dinas Dikpora Kota Bima sangat mendukung usulan penerapan kartu kendali disemua Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kabid Dikmen Dinas Dikpora Kota Bima, Drs. A. Azis mengatakan, kasus penculikan anak memang baru terjadi di Kota Bima. Tapi bukan tidak mungkin kasus kejahatan itu akan kembali muncul dengan berbagai modus baru.

Anak usia Sekolah Dasar dan TK pun menjadi sasaran empuk untuk tindak kejahatan tersebut. Kemampuannya yang memang masih anak – anak dan tidak mampu berpikir rasional, menjadi kesempatan pelaku melancarkan aksinya.

“Kami sangat sepakat adanya usulan penerapan kartu kendali bagi sekolah. Itu sangat bermanfaat untuk mengetahui siapa yang menjemput siswa usai mereka pulang sekolah,” ujarnya, Selasa (25/8).

Kata dia, di sekolah, anak menjadi tanggungjawab pihak sekolah untuk mengontrol dan mengawasinya hingga mereka pulang kembali. Saat pulang pun, anak harus dipastikan mengetahui dan mengenal siapa yang akan menjemput mereka.

“Itulah fungsi kartu kendali tersebut. Jika orang tuanya berhalangan datang, anak bisa mengetahui siapa yang menjemputnya dari kartu kendali yang diwajibkan untuk dipakai oleh orang yang menjemput,” jelasnya.

Langkah baik itu, lanjut azis, secepatnya sekolah dan orangtua harus duduk bersama membahas persoalan ini sebagai langkah pencegahan.

“Bila perlu dinas akan segera mengeluarkan surat himbauan kepada semua Sekolah Dasar da TK agar usulan itu secepatnya dibahas dan diterapkan,” tambahnya.

*ERDE

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *