Kabar Bima

Kekurangan Buku, Kurikulum 2013 Terganggu

291
×

Kekurangan Buku, Kurikulum 2013 Terganggu

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Penerapan kurikulum 2013 kini sedikit terganggu lantaran kekurangan buku pelajaran. Hal itu juga terjadi di Kota Bima, pengajar pun rata – rata mengeluhkan kekurangan buku tersebut, karena berdampak pada tidak maksimalnya transformasi pelajaran.

Ilustrasi
Ilustrasi

“Kekurangan buku pelajaran kurikulum 2013 tentu berpengaruh pada penerapan kurikulum tersebut. Tapi, mau tidak mau para guru tetap harus mengajar dengan kurikulum baru itu,” ujar Kabid Dikmen Dinas Dikpora Kota Bima, Drs. A. Azis, Selasa (26/8).

Kekurangan Buku, Kurikulum 2013 Terganggu - Kabar Harian Bima

Ia mengakui, keluhan atas kekurangan buku pelajaran itu sudah diterima pihaknya dari berbagai sekolah. “Sejumlah sekolah bahkan sudah melaporkan kondisi ini dan meminta agar segera diadakan,” katanya.

Menurut Azis, kekurangan buku karena pihak ketiga yang memenangkan tender belum juga mendistribusikan buku yang diminta.

“Saya sendiri selalu berkomunikasi dengan mereka agar segera membantu kekurangan buku,” ungkapnya.

Menyiasati kekurangan tersebut, Pemerintah Pusat telah mengirimkan soft copy berupa CD (compact disk) yang berisi file buku ajar kurikulum 2013 kepada semua sekolah di Kota Bima. Begitupun di daerah lain yang mengalami persoalan yang sama.

“Harapan kami, guru bisa menggunakan file itu sebagai pengganti buku tersebut. Jangan sampai karena alasan buku, lantas tidak menerapkan kurikulum 2013,” tegasnya.

*ERDE