Penutupan MTQ, Bupati Ajak Tingkatkan Pembinaan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Mushabagah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – 27 tingkat Kabupaten Bima tahun 2014 yang berlangsung selama enam hari dari tanggal 19 Agustus dan ditutup Senin malam (25/8) resmi ditutup. MTQ yang digelar di arena Lapangan desa Samili Woha itu ditutup Bupati Bima.

Bupati Bima membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-27  tingkat Kabupaten Bima . Foto: HUM

Bupati Bima membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-27 tingkat Kabupaten Bima . Foto: HUM

Pada kesempatan itu Bupati Bima, Drs. HM Syafruddin M. Nur, M.Pd mengatakan, untuk keberlanjutan program membumikan Al – Qur’an, dihimbau kepada para camat dan pengurus LPTQ masing – masing kecamatan agar terus menggiatkan pembinaan baca tulis Al – Qur’an ini sejak usia dini. Program itu harus juga diselaraskan dengan program Jum’at Khusyu.

Menurutnya, dengan cara itu dapat membentengi diri dengan menanam dan menumbuh kembangkan nilai – nilai keagamaan dan budaya luhur pada anak – anak dan keluarga yang saat ini tengah dihadapkan pada semakin lemahnya ketahanan sosial budaya dan agama sebagai dampak dari kuatnya arus globalisasi.

Bupati melanjutkan, MTQ ke-27 itu merupakan wahana yang tepat untuk mengukur sejauh mana capaian hasil – hasil pembinaan qori dan qoriah serta pembinaan baca tulis Al – Qur’an terhadap anak – anak di setiap wilayah. Dengan hasil yang diraih masing – masing kontingen, kedepan dapat memetakan arah pembinaan anak – anak kita dan para generasi muda agar program membumikan Al – Qur’an ini dapat berhasil guna.

Pada saat yang sama ujarnya, dapat membangun tradisi sebagai juara umum pada setiap penyelenggaraan MTQ ditingkat Provinsi, nasional dan bahkan Internasional. Karenanya, Bupati mengajak para guru ngaji, para da’i dan penyuluh agama dan orang tua agar terus mencurahkan tenaga dan pikiran untuk membangun karakter bangssa melalui penanaman nilai Al – Quranul qarim kepada anak – anak dan generasi muda.

“Kami berharap, momentum MTQ itu mampu menyegarkan kembali ingatan dan rasa cinta kita kepada Al-Qur’an sebagai penuntun kehidupan kita bersama,” harapnya.

Ketua panitia pelaksana MTQ, Drs. HM. Taufik, HAK, M.Si mengatakan, pelaksanaan MTQ ke – 27 sangat meriah. Pihaknya berterima kasih kepada para BUMN, BUMD serta kantor Dinas Intansi atas partisipasi memberikan sumbangsih berupa hadiah untuk para juara di masing – masing cabang yang dilombakan. Dia berharap MTQ yang digelar menjadi ajang silaturahmi diantara para peserta Mushabagah tilawatil qur’an, sehingga kedepan program membumikan Al – Qur’an di seluruh kecamatan dapat terlaksana dengan baik dan berkelanjutan.

Penutupan MTQ tersebut dihadiri sejumlah anggota DPRD, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima, pejabat Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bima, pimpinan lembaga keagamaan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima. Serta para Camat, Kepala Desa Se – kabupaten Bima, Dewan Hakim, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, para kafilah dari seluruh kecamatan ini.

*BIN/HUM

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *