Kemenko Kesra Sosialisasi Ekspedisi NKRI

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tahun 2015 mendatang, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat RI mengadakan  Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  Koridor Bali, NTB, NTT. Untuk suksesnya tujuan ekspedisi, Rabu (3/9) dilakukan sosialisasi di Aula Kantor Bupati Bima.

Sosialisasi Ekspedisi NKRI. Foto: Hum

Sosialisasi Ekspedisi NKRI. Foto: Hum

Kasubag Informasi dan Pemberitaan Humas dan Protokol Suryadin, S.S, M.Si melalui rilisnya mengatakan, acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bima, Unsur FKPD Kabupaten Bima, para pimpinan SKPD, Camat dan Muspika.

Bupati Bima yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda H. Mar’uf, SE saat  membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan, Ekspedisi NKRI merupakan kerjasama lintas kementerian yang difasilitasi Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) AD.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2015 mendatang ini ditujukan untuk menggali potensi geologi dan potensi bencana serta potensi hutan serta beberapa kegiatan lainnya,” ujarnya.

Kata dia, Ekspedisi NKRI ini pula nantinya terdapat berbagai kegiatan yang menumbuhkan rasa nasionalisme dengan melibatkan masyarakat dan pemuda, serta bakti sosial.

Ekspedisi juga akan  melibatkan berbagai elemen masyarakat dari Kementrian, Lembaga Pemerintahan, Perguruan Tinggi, Kelompok Pecinta Alam, sampai Organisasi Kepemudaan yang akan menggali aspek militer, ekonomi, dan sosial budaya.

“Untuk tujuan militer, ekspedisi ini diharapkan akan menjadi ajang latihan dan pengujian prajurit, alat utama sistem pertahanan (alutsista), serta melatih naluri tempur prajurit di berbagai medan,” jelasnya.

Sementara untuk tujuan ekonomi, potensi sumber daya alam, mulai dari mineral, kehutanan, pertanian, hingga objek wisata dapat dipetakan. Dengan begitu, pemetaan itu bisa menjadi masukan bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk proses pembangunan.

Kemudian dari sisi sosial budaya, lanjutnya, diharapkan ekspedisi tersebut bisa membentuk pemahaman dan pengertian mengenai persoalan di pelosok yang selama ini tidak terpantau oleh pemerintah.

H. Makruf berharap, nantinya  kehadiran kegiatan Ekspedisi NKRI di Kabupaten Bima, akan dapat membangun kepedulian, kebersamaan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan nasional melalui program-program pelestarian lingkungan dan kesehatan serta penelitian geologi yang meliputi penelitian risiko bencana, penelitian fauna dan flora, serta pendataan sumber daya alam.

“Pada saat yang sama akan mampu memperkokoh semangat NKRI dan juga bermanfaat bagi ilmu pengetahuan. Terutama bagi masyarakat yang berada di wilayah terpencil yang masih belum banyak tersentuh program-program pembangunan,” tambahnya.

Sementara itu,  Komandan Ekspedisi NKRI Letkol Yuri Manahe juga memaparkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka menyelamatkan potensi SDA Nasional, mengadakan deteksi potensi bencana alam sebagai wujud cinta tanah air dan bangsa Indonesia.

“Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudera, melalui ekspedisi NKRI akan mampu menjaga keutuhan NKRI terhadap bangsa yang ingin mengambil SDA bangsa Indonesia,” tegasnya.

Tim Ekpedisi koridor Bali, NTB, NTT akan mendata kerusakan hutan, menggali sumber daya mineral, mendata flora dan fauna yang endemik (hampir punah), mendata potensi bencana, sebagai acuan bagi upaya pelestarian lingkungan.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *