Wawali Buka Bimtek LAKIP SKPD Kota Bima

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Walikota Bima H.A. Rahman H. Abidin, SE secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) SKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, di Aula Kantor Walikota Bima, Senin (15/9).

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman. H. Abidin, SE

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman. H. Abidin, SE

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Tanggal 15 – 16 September dan diikuti 80 peserta yang terdiri dari pejabat eselon III dan IV Lingkup Pemkot Bima.

Wakil Walikota Bima dalam sambutannya mengapresiasi Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur yang telah mengadakan acara Bimtek dan sekaligus mengharapkan narasumber menyampaikan poin inti materi penyusunan LAKIP.

“Kalau kita memahami rohnya maka kita bisa melaksanakannya dengan baik, sehingga tujuan pelaksanaan kegiatan bisa didapatkan,” ujarnya, melalui Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali.

Rahman mengingatkan kepada peserta bahwa tidak hanya laporan kinerja saja yang diterapkan, tetapi lebih kepada sistem akuntabilitas kinerja yang diterapkan dengan baik.

Diakhir sambutannya, Wawali berharap Bimtek itu dijadikan momentum yang baik untuk memperoleh pengetahuan dalam penyusunan LAKIP.

Sebelumnya, Ketua panitia, Zainuddin, SH dalam laporannya mengatakan, tujuan pelaksanaan bimtek untuk meningkatkan pemahaman sumber daya manusia terhadap tata cara penyusunan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang baik dan benar. Karena akuntabilitas yang baik dan benar dapat dilihat dari keselarasan antara rencana dengan apa yang ingin dicapai.

“Selain itu, bimtek ini diharapkan dapat dijadikan masukan bagi arah kebijakan pelaksanaan pembangunan dalam mewujudkan tata pemerintahan yang lebih baik di tahun-tahun mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan – RB, Tri Susilo, S. Sos, MM mengharapkan kesempatan Bimtek itu dimanfaatkan untuk memahami LAKIP dengan baik.

“Bappeda dapat menerapkan perencanaan dengan baik, Inspektorat dapat mengevaluasi internal SKPD, Bagian OPA dapat menyusun LAKIP Pemkot Bima dengan pengukuran dan penilaian yang baik,” jelasnya.

Kata dia, saat ini sedang berlangsung evaluasi LAKIP Kabupaten, Kota dan Provinsi. Tri menyarankan agar semua dokumen yang dibutuhkan disiapkan. “Jika ada sampel dinas yang mendapatkan nilai bagus, silahkan dijadikan contoh,” sarannya dan berharap setelah Bimtek, peserta dapat menerapkan sistem LAKIP di masing-masing SKPD.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *