Setahun, Puluhan Ribu Warga Bima Naik Pesawat

Kabupaten Bima, Kahaba.- Animo warga Bima menggunakan transportasi udara kian tahun meningkat. Menurut data Kantor Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, dalam setahun saja, yang pulang pergi bisa mencapai angka puluhan ribu penumpang.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Setiap tahun terus terjadi lonjakan pengguna jasa pesawat udara, baik dari Bima maupun ke daerah lain,” ujar Kepala Tata Usaha (KTU) Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Sutarmin dikantornya, Rabu (17/9).

Ia menyebutkan, menurut data terakhir, di Tahun 2013 penumpang menggunakan transportasi udara untuk kedatangan sebanyak 74.636 dan pergi 73.512 penumpang. Sementara Tahun 2014 dibulan Agustus saja untuk kedatangan mencapai angka 8.486 dan pergi 1.477 orang penumpang.

“Artinya, rata-rata setiap hari jadwal penerbangan mencapai angka 800 penumpang yang diangkut dua operator penerbangan,” ujarnya.

Kata Sutarmin, saat ini ada dua operator penerbangan yaitu Garuda dan Wings. Dalam satu hari, melayani enam kali penerbangan. Dua kali Wings dan empat kali Garuda.

Sementara dalam satu kali penerbangan, pesawat dapat mengangkut rata-rata 72 orang penumpang atau sekitar 95 persen dari kapasitas tersedia.

Menurutnya, meningkatnya jumlah warga Bima menggunakan transportasi udara menunjukan transportasi dimaksud tidak lagi eksklusif bagi orang kaya, tetapi juga mampu dijangkau oleh masyarakat menengah. “Pertimbangannya mungkin efisiensi waktu dan kenyamanan dalam perjalanan,” tuturnya.

Oleh karena itu Tambahnya, kini Bandara Sultan Muhamad Salahudin Bima sedang dalam peningkatan status, fisik bendara terus dibenahi guna menunjang pelayanan yang maksimal.

*Abu

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *