Kabar Bima

Lima Kelurahan di Kota Bima Rawan Kekeringan

230
×

Lima Kelurahan di Kota Bima Rawan Kekeringan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Lima Kelurahan di Kota Bima kini terancam kekeringan. Pemerintah daerah pun melakukan upaya antisipasi dengan membagi puluhan unit pompa air.

Ilustrasi
Ilustrasi

“Pada prinsipnya belum ada gejolak kekeringan, tapi ada yang rawan kekeringan, seperti sebagian Kelurahan Lampe, Kodo, Sambinae, Jatibaru, dan Sadia,” sebut Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima, Ridwan SP, Kamis (18/9).

Lima Kelurahan di Kota Bima Rawan Kekeringan - Kabar Harian Bima

Pada wilayah itu, lanjutnya, Dinas sudah melakukan upaya dengan distribusi bantuan mesin pompa air kepada kelompok tani. “Ada 20 unit mesin pompa air plus sumur bor tanah dangkal, dibagi ke empat Kecamatan yang berpotensi rawan kekeringan lahan pertanian,” katanya.

Kemudian, 20 unit mesin pompa air yang juga diberikan kepada kelompok tani yang mengajukan Proposal. “Satu unit mesin dilengkapi dengan pipa pengisap dan pipa distribusi,” terangnya.

Ridwan menambahkan, sejauh ini akibat kemarau belum ada yang kekeringan parah, semua bisa diantisipasi. Demikian pula tanaman pertanian yang terancam kekeringan, belum ada.

“Biasanya musim kemarau dan kekeringan hingga bulan November, Desember mulai hujan,” tambahnya.

*Bin