Kabar Bima

Kasus Malaria di Kabupaten Bima Meningkat

242
×

Kasus Malaria di Kabupaten Bima Meningkat

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Penyakit malaria tergolong salah satu penyakit yang mematikan. Data dari WHO, sebanyak 207 juta orang terinfeksi malaria pada Tahun 2013. Sementara sekitar 627 ribu pendetita meninggal, terutama balita.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Drs. Hefdin Umar, APT. Foto: Bin
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Drs. Hefdin Umar, APT. Foto: Bin

Di Kabupaten Bima, kasus penyakit ini meningkat, terutama di Dusun Kalajena Desa Pai Kecamatan Wera. Tercatat berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, kasusnya baik hingga 41 positif mengidap penyakit malaria.

Kasus Malaria di Kabupaten Bima Meningkat - Kabar Harian Bima

“Setelah kami mendapat laporan bulan kemarin, kami sudah perintahkan petugas dan tim melakukan sampel darah ke semua warga, hasilnya 41 positif Malaria,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Drs. Hefdin Umar, APT, Selasa (23/9).

Kemudian, pihaknya melakukan pengobatan khusus malaria. Masyarakat yang meminta fogging, tidak dituruti, karena pengobatan lebih efektif. “Kini Alhamdulillah, 41 orang itu sudah sembuh,” tuturnya.

Ditanya Desa lain, Hefdin mengaku belum menerima laporan. Namun ia memastikan, tidak ada. “Perkembangan beberapa tahun terakhir fluktuatif. Namun di tahun ini, meningkat dibanding tahun kemarin,” katanya.

Ia menambahkan, penyakit malaria tidak mesti musim hujan. Musim panas juga bisa terjadi. “Kepada masyarakat yang sudah negatif kami bagikan kelambu gratis, dan sarankan untuk pola hidup sehat,” tambahnya.

*Bin