45 Anggota DPRD Kabupaten Bima Resmi Dilantik

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 45 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima periode 2014 – 2019 resmi dilantik, pada Rapat Paripurna Istimewa, Kamis (25/9) di kantor wakil rakyat setempat.

45 Anggota DPRD Kabupaten Bima diambil sumpah jabatannya. Foto: Bin

45 Anggota DPRD Kabupaten Bima diambil sumpah jabatannya. Foto: Bin

Ketua DPRD Kabupaten Bima periode tahun 2009 – 2014 Drs. H. Muchdar Arsyad, selaku pimpinan sidang dalam sambutannya mengatakan, anggota dewan masa bakti 2014 – 2019 merupakan penerimaan tongkat estafet periode sebelumnya. Komposisi baru dan wajah baru itu diharapkan mampu menggerakan dinamika politik menuju perubahan daerah kearah yang lebih baik.

Disisi lain, kata dia, anggota dewan dituntut untuk mampu dan bekerjasama dengan pemerintah eksekutif, guna mendukung jalannya roda pemerintahan dan perekonomian daerah. “Sejak lima tahun lalu, kami sudah menjalankan pengabdian dan bekerja dengan sungguh-sungguh,” ujarnya.

Sehubungan dengan hak dan kewenangan Dewan, pihaknya telah berupaya dengan maksimal berperan sesuai bentuk tanggungjawab. Terkadang juga muncul sikap kritis yang konstruktif untuk membangun daerah.

Dalam kurun waktu lima tahun, lanjut Muchdar, pihaknya telah banyak melahirkan Perda sesuai kepentingan daerah. Dalam pelaksanaan fungsi tersebut, sebanyak 32 Perda, termasuk didalamnya empat Perda inisiatif Dewan. Seperti pendidikan, jumat khusuk, miras dan penanggulangan bencana daerah.

“Kini masih tersisa beberapa draf Perda yang belum bisa diselesaikan, dewan baru semoga bisa melanjutkannya,” katanya.

Kaitan dengan fungsi anggaran, menurutnya, meski sering muncul perbedaan pandangan dengan eksekutif, namun bisa diselesaikan dengan baik. Sementara fungsi pengawasan, tetap dikawal setiap kebijakan dan program Pemerintah.

“Kami sadari, selama ini pasti dijumpai banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami meminta maaf atas segala kekurangan. Kepada dewan baru kami juga meminta untuk tingkatkan kinerja dan profesional,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, juga disebutkan urutan partai yang memperoleh kursi terbanyak dan ditetapkan sebagai unsur pimpinan sementara. PAN meraih tujuh dan menetapkan Murni Suciati sebagai Ketua Dewan sementara, dan Partai Golkar meraih enam kursi dan ditetapkan Hj. Indah Damayanti Putri Wakil Ketua sementara.

Penyerahan Palu pimpinan. Foto: Bin

Penyerahan Palu pimpinan. Foto: Bin

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyematan pin anggota DPRD Kabupaten Bima kepada pimpinan sementara terpilih itu oleh Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima.

Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Suciati dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas gagasan konstruktif dan sistem yang terbangun dengan baik antar legislatif dan eksekutif. “Dan kami akan melanjutkan hubungan yang baik ini,” tuturnya.

Sementara tugas-tugas dewan yang tertunda sebelumnya, lanjut Murni, tetap akan dilanjutkan, sesuai pedoman, mekanisme dan aturan yang berlaku. “Tentu sangat diperlukan kerjasama dan koordinasi yang harmonis, antara eksekutif dan legislatif, guna mewujudkan kondisi sosial masyarakat Kabupaten Bima yang sejahtera dan pemerintah yang bersih.

Sementara itu, Bupati Bima Drs. H. Syafruddin HM. Nur, MPd dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada anggota dewan terpilih, dan menjalankan tugas sebagai wakil rakyat. Semoga kepercayaan dan amanah dapat dilaksnakan dengan sebaik baiknya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *