Bupati Bima Canangkan BBGRM dan HKG PKK

Kabupaten Bima, Kahaba.- Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM Nur. M.Pd, Rabu (1/10) mencanangkan gerakan nasional BBGRM ke – XI dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke – 42 tingkat Kabupaten Bima, di lapangan sepak bola Desa Panda Kecamatan Palibelo.

Bupati dan FKPD saat BBGRM. Foto: Hum

Bupati dan FKPD saat BBGRM. Foto: Hum

Semangat gotong royong ini juga selaras dengan pencanangan Tahun 2014  sebagai tahun kerja berkelanjutan, sehingga momentum BBGRM yang dicanangkan sangatlah tepat dan memiliki arti penting bagi upaya pemerintah bersama masyarakat Kabupaten Bima mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Pencanangan yang berlangsung semarak ini, turut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Bima, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima, para Pimpinan SKPD, BUMN, BUMD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa,  Kepala Desa, Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan masyarakat Desa Panda Palibelo.

Bupati dalam arahan menyampaikan, Gerakan Nasional Bulan Bhakti Gotong Royong  (GN – BBGRM) pada hakekatnya merupakan kegiatan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan, yang diarahkan kepada peningkatan persatuan dan kesatuan masyarakat. “Disamping itu, ditujukan bagi upaya peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan,” ujarnya melalui Rilis Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M.Chandra Kusuma, AP.

Secara khusus Bupati Bima menyampaikan, di Kabupaten Bima, budaya gotong royong masih ada, meskipun dari waktu ke waktu budaya ini cenderung terkikis. Oleh karena itu, pada pencanangan  ini seluruh komponen masyarakat diajak untuk bahu membahu dengan pemerintah daerah dalam menumbuh kembangkan semangat dan menggelorakan nilai – nilai gotong royong di lingkungan masing – masing.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kabupaten Bima  selaku ketua Panitia Pelaksana Drs. H. Rusydi, M.Si dalam laporannya memaparkan, sasaran BBGRM adalah masyarakat desa di Kabupaten Bima yang ditujukan untuk meningkatkan  peran aktif masyarakat dan meningkatkan rasa memiliki, serta rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil pembangunan di seluruh wilayah.

Pelepasan Balon saat pencanangan BBGRM. Foto: HumKegiatan BBGRM ini dilaksanakan secara terpadu dan dikembangkan dengan upaya mewujudkan kemandirian, partisipasi masyarakat dalam menanggulangi permasalahan sosial dan bencana alam. Disamping pada saat yang sama juga  dapat memanfaatkan sumber – sumber pembangunan yang dialokasikan seperti PNPM – MP, PNPM PISEW serta  pemberdayaan sebagai pendorong  keswadayaan masyarakat dalam pembangunan.

Menurut H. Rusydi, Kegiatan BBGRM ini diawali dengan sosialisasi program pembangunan  dan dilanjutkan dengan kegiatan gotong royong bersama warga masyarakat yang terintegrasi pada program kegiatan stimulan pemberdayaan pembangunan desa yang bersumber dari dana APBD. Nilai dana stimulant  bervariasi antara Rp 20 juta sampai dengan Rp 50 juta.

Pencanangan BBGRM ini ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Bima, didampinggi Ketua DPRD Murni Suciyati, Wakil Ketua DPRD Hj. Indah Damayanti Putri dan anggota DPRD Kabupaten Bima, Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Hj. Rustinah H. Syafrudin.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *