Pencanangan BBGRM, Bupati Bima Serahkan Sejumlah Bantuan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kegiatan Pencanangan Gerakan Nasional BBGRM ke – 11 dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) PKK ke – 42 tingkat Kabupaten Bima  Rabu (1/10), dimanfaatkan Bupati Bima Drs. H.Syafrudin HM. Nur. M.Pd  untuk menyerahkan sejumlah bantuan sarana ekonomi dari Dinas dan Intansi.

Bupati Bima menyerahkan sejumlah bantuan pada pencanangan BBGRM. Foto: Hum

Bupati Bima menyerahkan sejumlah bantuan pada pencanangan BBGRM. Foto: Hum

Dukungan bagi pengembangan  bidang teknologi informasi masyarakat diwujudkan melalui bantuan Note Book (laptop) dengan alokasi dana Rp 28,7 juta dari Dinas Perhubungan Kominfo Kabupaten Bima. Bantuan diberikan kepada tujuh Kampung media di Kabupaten Bima yang diterima secara simbolis  oleh Suryadin pimpinan Kampung Media Bolo Kecamatan Bolo.

Melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, Pemerintah daerah menyerahkan bantuan berupa mesin ketinting 5,5 PK senilai Rp 5,9 juta dari APBD untuk kelompok Kalaki Jaya Dusun Kalaki Desa Panda-Palibelo, bantuan pasar terapung (Floating marketing) senilai  Rp 15,  juta dari APBN kepada kelompok Sori Genda  desa Panda–Palibelo.

Selanjutnya, untuk pemberdayaan usaha garam diberikan bantuan dana  masing-masing Rp 18 juta dari APBN kepada M. Alem Ibrahim (kelompok Temba NaE) Desa Belo Kecamatan Palibelo, Akhmad Fansuri (kelompok Nanga Kei) Desa Belo Kecamatan Palibelo, Irwan (kelompok Lewa Mori) Desa Belo Kecamatan Palibelo.

Dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima menyerahkan bantuan bagi peserta pelatihan mesin, las listrik yang diterima secara simbolis oleh Sukirman warga Dusun Sumber Sari RT 12 RW 04 Desa Laju Kecamatan Langgudu. Bantuan berupa mesin kompresor lengkap dan perlengkapan bengkel.

Bantuan berupa travo las listrik dan perlengkapan bengkel diterima secara simbolis oleh Muhammad Nor jenis Desa Bontokape RT 01 RW 01 Kecamatan Bolo,

Bantuan  mesin jahit dan mesin obras yang diterima Nurmi  warga Desa Panda II RT 08 RW 04, bantuan Peralatan tekhnisi HP kepada Abdul Khalik, S.Pd, Desa Pandai kecamatan Monta, bantuan peralatan tekhnis computer kepada Andri Rahman, S.Pd dari Desa Tolotangga-Monta serta bantuan berupa peralatan pembuatan jajan kepada Haerani warga desa Rabakodo Kecamatan Woha.

Dinas Perkebunan Kabupaten Bima  juga menyerahkan paket bantuan berupa 27 unit mist blower senilai Rp 67,5 juta,  1 unit alat pengolahan kopi senilai Rp 22,8. Bantuan ini masing-masing diterima secara simbolis Sudirman Ketua Kelompok Rengge Nduha Desa Roi Kecamatan Palibelo berupa 1 unit mist blower.

Pada sektor Perindustrian, Bupati Bima menyerahkan bantuan hibah mesin peralatan dan bahan bagi Industri Kecil dan Menengah dari APBD Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tahun Anggaran 2014 kepada 171 IKM yang secara simbolis diterima Abdul Gafur, S.Sos (Bengkel ANTI Galau)  Desa Talabiu Kecamatan Woha. Bantuan yang diserahkan berupa kompresor lengkap 1 unit dan 2 set Kunci ring Pas.

Bantuan selanjutnya yang dibagikan yaitu mesin atau peralatan meubel yang diterina M.Tayeb Sanobo (Meubel Ragi Indah) Desa Ragi Kecamatan Palibelo berupa 1 unit mesin serut listrik, 1 unit mesin Bor Listrik dan 1 unit mesin Profil Listrik.

Untuk mendukung kegiatan perbengkelan, Bupati Bima menyerahkan mesin las listrik  berupa 1 unit travo las listrik lengkap, 1 unit gerinda tangan, 1 unit gerinda potong, 1 kotak  kawat las dan 1 kacamata las kepada  Muhammad Rusli Pimpinan Bengkel Las Listrik Karya Pemuda desa Talabiu kecamatan Woha.

Selanjutnya  Bupati  menyerahkan bantuan mesin konveksi  yang diterima secara simbolis oleh  Nurcani desa Kananga Kecamatan Bolo  berupa 1 unit mesin jahit dan 1 unit  mesin obras. Untuk  benang tenun diterima secara simbolis oleh Sumarni Muhdar (kelompok tenun Ragi Bersama) desa Ragi-Palibelo  berupa benang tenun sebanyak 10 pak.

Dari dinas Peternakan untuk kegiatan penyebaran dan pengembangan ternak dengan jenis bantuan 100 ekor sapi diterima secara simbolis oleh Syafrudin M.Tayeb ketua kelompok ternak (KTT) Maju Bersama kecamatan Bolo dan  32 ekor kambing PE  yang diterima oleh KTT Temba jaya dengan sumber dana berasal dari APBD Kabupaten Bima.

Bantuan dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura berupa bantuan benih jagung hibrida diberika secara simbolis kepada kelompok Sori Genda desa Panda kecamatan Palibelo dengan ketua Abdul Rahman. Bantuan ini berasal dari APBD II Kab.Bima.

Disamping itu dari BPMDES pemberian hadiah juara pada  lomba posyandu tingkat Kabupaten Bima yang mana untuk juara pertama diraih oleh Posyandu desa kanca menerima tropi dan uang pembinaan senilai Rp. 2,5 juta, juara kedua diraih oleh Posyandu Desa Maria yang mendapatkan tropi dan uang tunai senilai Rp. 1,7 juta, juara III diraih oleh Posyandu desa Baralau dengan mendapatkan tropi dan uang tunai sebsar Rp. 1,25 juta.

Selanjutnya dari Dinas Budaya dan Pariwisata kab. Bima berupa pemberian bantuan berupa 1 set rebana qasidah klasik yang diberikan kepada LASQI yang berasal dari kecamatan Palibelo dan secara simbolis diterima oleh camat Palibelo Drs. Djainudin.

BPPKB menyerahkan bantuan berupa alat mask kepada sri hartini yang berasal dari dusun 02 desa panda kecamatan Palibelo.

Dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Bima menyerahkan bantuan gerobak usaha yang berasal dari bantuan APBD 1 tahun 2014 secara simbolis diterima oleh Salmah yang berasal dari desa renda kecamatan Belo, Samsidah yang berasal dari desa Belo kecamatan Palibelo serta Fitri yang beralamat desa Kalampa kecamatan Woha.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *