Diklat PIM Tingkat IV Lingkup Pemkab Bima Ditutup

Kabupaten Bima, Kahaba.-  Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklat Pim) Tingkat IV pola baru angkatan I Tahun 2014 ditutup secara resmi Jumat malam (3/10/14) oleh Bupati Bima yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda H. Makruf, SE di Aula Hotel Lila Graha Kota Bima.

Asisten III Setda Kabupaten Bima saat memberikan pengarahan penutupan diklat. Foto: Hum

Asisten III Setda Kabupaten Bima saat memberikan pengarahan penutupan diklat. Foto: Hum

Makruf, SE pada Diklat yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Juni sampai dengan  3 Oktober 2014 dan diikuti 30 peserta, mengatakan, keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sangat ditentukan peranan sumber daya aparatur  pejabat struktural, kompetensi yang tercermin dari sikap profesional dan sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik.

“Agar pemerintahan yang baik dapat terwujud, maka setiap aparatur dituntut memiliki kompetensi kepemimpinan sesuai dengan jenjang jabatannya. Ini berarti, pejabat yang menjadi pemimpin harus membekali dirinya dengan kemampuan mengatur dan mengarahkan staf yang menjadi bawahannya,” ujarnya melalui Rilis Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma, AP.

Menurutnya, lulus dari Diklat bukan semata untuk mendapatkan sertifikat tetapi ada hal yang perlu diperbaiki secara terus menerus yaitu pola pikir, pola sikap, dan pola tindak, baik di lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Makruf berharap  para alumni Diklat PIM IV   senantiasa menjunjung tinggi kedisiplinan serta meningkatkan etos kerja dengan mengedepankan integritas, kerjasama dan bersikap profesional guna menjawab tantangan yang muncul di masa datang.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Drs. Muhammad M.Si yang juga  Kepala Bidang Diklat Provinsi NTB diklat PIM tingkat IV angkatan I membekali peserta dengan 282 jam pelajaran.

Diklat mencakup beberapa tahapan kegiatan yaitu tahap pertama dalam kelas yang berlangsung tanggal 16  sampai dengan 28 Juni 2014. Materi tahap I ini mencakup kegiatan diagnosa kebutuhan perubahan. Pada tahap II peserta berada di luar kelas pada tangal 30 sampai dengan 4 Juli 2014 yaitu kegiatan dimana peserta kembali ke unit kerja masing – masing untuk mengidentifikasi permasalahan yang akan direformasi dan sekaligus mengumpulkan sebanyak mungkin data untuk kegiatan.

Pada tahap III, tanggal 5 Juli sampai 25 Juli 2014 yaitu kegitan merancang proyek perubahan dan membangun tim, sedangkan  tahap IV  tanggal 4 Agustus  sampai dengan 2 Oktober 2014 yaitu kegiatan laboratorium kepemimpinan di mana masing – masing peserta kembali unit kerja untuk mengimplementasikan proyek perubahan.

Disamping kegiatan  tersebut, peserta juga telah mengikuti kegiatan benchmarking dengan lokasi kunjungan Dinas  Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Bank Mandiri Mataram dan PT. PLN Mataram  tanggal 15 sampai dengan 19 Juli 2014. Peserta dibagi dalam tiga kelompok dibawah bimbingan  widyaswara BKD dan pendidikan pelatihan provinsi NTB.

Berdasarkan hasil evaluasi panitia dan widyaswara  27 orang dinyatakan lulus, dua orang ditunda kelulusan dan satu peserta dinyatakan gugur.

Menanggapi hasil Diklat, salah seorang peserta Diklat dari Dinas Dikpora Kabupaten Bima Abdul Gani menyampaikam apresiasi yang tinggi kepada pemerintah daerah atas pelaksanaan kegiatan Diklat seperti ini.

Melalui Diklat PIM IV peserta banyak mendapat ilmu dari widyaswara sebagai bekal untuk  diterapkan di intansi maing-masing. Penutupan Diklat ditandai dengan penangalan tanda peserta.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *