BBGRM di Wera, Bupati H. Syafrudin Paparkan Program

Kabupaten Bima, Kahaba.-  Kecamatan Wera ditetapkan sebagai wilayah ketiga lokasi kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM) Pemerintah Kabupaten Bima, Senin (6/10). Pencanangan BBGRM dan Sosialisasi program kerja Pemerintah Daerah di Kecamatan itu dipusatkan di lapangan Futsal Desa Tawali.

Bupati Bima memaparkan Program APBD pada Pencanangan BBGRM Kecamatan Wera. Foto: Hum

Bupati Bima memaparkan Program APBD pada Pencanangan BBGRM Kecamatan Wera. Foto: Hum

Sebelum pemaparan program yang tertuang dalam APBD kabupaten Bima tahun anggaran 2014, Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM. Nur M.Pd bersama warga masyarakat dan para pejabat teras lingkup Pemerintah Kabupaten Bima melakukan gotong royong dibeberapa titik sepanjang rute safari yang dilalui.

Pada sosialisasi yang dihadiri anggota DPRD,  pimpinan SKPD, Camat dan Muspika,  Kepala Desa,  Kepala Dusun dan masyarakat Kecamatan Wera ini. Bupati menjelaskan, total alokasi anggaran bagi pembangunan sejumlah sektor di Kecamatan Wera mencapai Rp 10,7 Miliar, dan menyebar pada beberapa sektor.

“Pada sektor kesehatan,  dana dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana di  kesehatan diantaranya pembangunan Poskesdes Kalajena  Rp 200 juta, pembangunan Pustu  Desa Wora Rp 100 juta, rehab ruang bersalin untuk Puskesmas Wera Rp 150 juta. Kemudian bantuan 2.000 kelambu untuk masyarakat Wera, biaya operasional Bidan Desa dengan total Rp 600 juta dan Biaya Operasional Pustu dengan total Rp 360 juta,” Sebutnya melalui Rilis Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima M. Chandra Kusuma, AP.

Pada sektor Perhubungan, lanjutnya, Pemerintah Daerah telah menggelontorkan dana  pembangunan dermaga di Desa Sangiang-Wera senilai Rp 1,2 Miliar dan rehab ruang tunggu Terminal Wera sebesar Rp 100 juta.

Demikian pula pada sektor Pekerjaan Umum pada tahun anggaran 2014, Pemerintah Daerah  telah mengalokasikan dana Rp 100 juta untuk pemeliharaan berkala ruas jalan Tawali – Sangiang, pemeliharaan ruas jalan berkala Tawali Ntoke Rp 100 juta.

Masih untuk dukungan transportasi darat dana pemeliharaan berkala ruas jalan Ntoke – Wera dialokasikan  Rp 100 juta, pemeliharaan jalan berkala Wora Luar- Dalam  dengan dana Rp 100 juta serta rehab bendungan desa Hidirasa Rp 900 juta.

Sementara itu, pada Dinas Perindag Kabupaten Bima,  dana pembangunan Pasar Wera direalisasikan Rp 1,3 Miliar dan rehab kios Pasar Wera Rp 105 juta.

Selanjutnya untuk meningkatkan kualitas pendiddikan, terdapat alokasi untuk pekerjaan fisik rehab SMP 1 Wera Rp 180 juta dan rehab SMP 2 Wera senilai Rp 135 juta. Untuk mendukung peningkatan mutu, direalisasikan Bantuan Siswa Miskin total Rp 3 Miliar, pengadaan Buku Kurikulum  2013 bidang Pendidikan dasar senilai Rp 1 Miliar dan pengadaan buku kurikulum 2013 untuk SMA Rp 2 Miliar.

Selain dukungan anggaran pada sektor di atas,  Pemerintah daerah juga melalui  BPPKB merealisasikan anggaran rehab kantor UPT. BPPKB kecamatan Wera senilai Rp 198 juta.

Bupati  H.Syafrudin  dalam arahan  mengajak  seluruh masyarakat agar lebih meningkatkan kegiatan gotong royong disamping kebersmaan diantara pemerintah dan tetap terjalin dengan baik demi kemajuan daerah.

Sementara itu, Camat Wera Drs. Isyrah mengungkapkan, sejumlah proyek dan kegiatan  yang disosialisasikan oleh Bupati Bima ditujukan untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan  masyarakat Kecamatan Wera. Oleh karena,  masyarakat dan aparatur Pemerintah Kecamatan  Wera dihimbau agar bersama – sama mendukung program yang dilaksanakan Bupati Bima.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *