Festival Kopi Tambora Siap Digelar

Kabupaten Bima, Kahaba.- Festival Kopi Tambora akan segera digelar. Direncanakan, agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan itu dihelat selama tiga hari, mulai tanggal 17 Oktober – 19 Oktober 2014 mendatang.

Kopi Tambora

Kopi Tambora

Kabid Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bima, H. Muslih mengaku kegiatan itu sudah siap dilaksanakan, tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja. “Event di laksanakan di Pesanggrahan Tambora, Desa Oi Bura Kecamatan Tambora,” ujarnya, Selasa (7/10).

Untuk agenda kegiatannya, ia menyebutkan, selain mempromosikan jenis kopi, mulai penggorengannya sampai diseduh, yang dinilai oleh juri, juga ada pertunjukan kesenian rakyat tiga etnis yakni Bima Sumbawa Lombok.

“Kopi Tambora itu namanya Rebusta dan Luwak Tambora, yang sudah dibungkus dan dijual. Keberadaannya sudah dikenal hampir diseluruh daerah,” katanya.

Kabid Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bima, H. Muslih. Foto: Bin

Kabid Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bima, H. Muslih. Foto: Bin

Selama ini, H. Muslih mengakui, Kopi Tambora selalu dipromosi tiap kali ada pameran di daerah lain. Hasilnya, tetap laku dan banyak diminati. Setelah itu, banyak juga yang kembali pesan untuk dikonsumsi.

Ia menambahkan, kebun tempat budidaya kopi berada di lahan milik Pemerintah Kabupaten Bima dan dikelola oleh masyarakat. “Saat festival nanti, masyarakat dilibatkan semua,” tambahnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *