Asisten I Lepas 60 Peserta KKN STT Bima

Kota Bima, Kahaba.- Asisten I Setda Kota Bima Drs. M. Farid, M.Si melepas secara resmi 60 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Bima (STT) Bima yang akan melaksanakan Kulaih Kerja Nyata (KKN) di halaman kantor Walikota Bima, Kamis (9/10).

Ilustrasi

Ilustrasi

Dalam sambutannya ia mengatakan, KKN merupakan bagian dari penyelenggaraan pendidikan dalam bentuk kegiatan pengalaman ilmu, teknologi, dan seni oleh mahasiswa kepada masyarakat. Pola pikir yang ingin dikembangkan melalui KKN dilandasi kenyataan, bahwa hampir setiap persoalan hidup dalam masyarakat mempunyai hubungan satu dengan yang lain.

“KKN juga dimaksudkan untuk  memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang cara berfikir yang terpadu dan komprehensif, serta memijak pada persoalan nyata yang tengah terjadi dalam masyarakat,” ujarnya melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, S.Sos.

Ia menjelaskan, berbagai teori yang didapat di kampus, berbagai retorika yang muncul dalam setiap kegiatan diskusi dalam kelas maupun pada organisasi kemahasiswaan, akan diuji selama masa KKN berlangsung, apakah relevan dengan kondisi dan pemikiran masyarakat banyak.

Dalam kuliah kerja nyata mahasiswa didorong untuk mengadakan kegiatan di luar bidang studi yang ditekuni, bertukar pikiran serta pengalaman, baik dengan teman maupun masyarakat tempat lokasi KKN, yang hasilnya dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, yakni  mahasiswa, pemerintah dan masyarakat.

Dari kegiatan KKN, diharapkan dapat  membentuk kepribadian mahasiswa sebagai kader pembangunan dengan wawasan berfikir yang komprehensif dan juga diharapkan tumbuhnya rasa kepedulian sosial, sehingga mahasiswa dapat menyentuh kehidupan masyarakat secara langsung.

Diakhir sambutannya Asisten I berharap agar mahasiswa kiranya dapat membangun koordinasi dengan pemerintah setempat yakni camat dan lurah sehingga ada sinergis yang terbangun.

Sementara itu, Ketua STT Bima Haris Dinata SE, M.Si mengatakan STT Bima yang telah berjalan lima tahun dan akan melaksanakan wisuda perdana pada bulan Desember mendatang. Dijelaskannya pula, saat ini mahasiswa STT Bima juga turut berpartisipasi dalam penataan pembangunan Kota yakni bekerjasama dengan Y Consultant Belan dalam penataan sanitasi dan pemukiman kumuh.

“Semoga dengan KKN ini lebih menambah pengalaman dan dedikasi STT Bima guna kemaslahatan masyarakat Kota Bima,” harapnya.

Dia menambahkan, 60 orang mahasiswa STT Bima dilepas untuk melaksanakan KKN di empat Kelurahan yaitu Kelurahan Ntobo, Lampe, Rontu dan Kelurahan Sambinae.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *