Kabar Bima

Wadu Ruka, Sarae Ruma dan Pusu Juga Krisis Pangan

260
×

Wadu Ruka, Sarae Ruma dan Pusu Juga Krisis Pangan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tidak hanya di empat Dusun di Desa Karampi yang mengalami krisis pangan akibat kemarau panjang, tapi juga terjadi di tiga Desa lain (Baca. Lahan Kering, Tiga Bulan Warga Konsumsi Umbi). Masing-masing Desa Wadu Ruka, Sarae Ruma dan Pusu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima.

Warga Desa Karampi saat makan umbi. Foto: Erde
Warga Desa Karampi saat makan umbi. Foto: Erde

Tiga ribu warga yang mendiami masing-masing Desa tersebut kini terpaksa mengganti makanan pokok beras dengan umbian Gadung (Lede,Bahasa Bima). Kondisi tersebut sudah selama tiga bulan terakhir terjadi.

Wadu Ruka, Sarae Ruma dan Pusu Juga Krisis Pangan - Kabar Harian Bima

Tak ada pilihan lain, warga setempat harus meneruskan hidup, dan mengkonsumsi umbian beracun. Karena beras sudah tidak ada lagi.

Camat Langgudu, Drs. Muhammad Rum, M.Si, yang ikut turun langsung bersama media ke Karampi mendapatkan keluhan yang sama dari warga. Demikian pula di tiga Desa tersebut, persoalannya sama.

Kata dia, ketersediaan beras sebagai makanan pokok warga empat desa diakui betul-betul sudah tidak ada. Sehingga warga terpaksa beralih memakan Gadung.

“Masalah ini akan kami laporkan kepada Pemerintah Kabupaten Bima. Semoga segera membantu menyalurkan beras untuk masyarakat kami,” harapnya.

*Erde