Wadu Ruka, Sarae Ruma dan Pusu Juga Krisis Pangan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tidak hanya di empat Dusun di Desa Karampi yang mengalami krisis pangan akibat kemarau panjang, tapi juga terjadi di tiga Desa lain (Baca. Lahan Kering, Tiga Bulan Warga Konsumsi Umbi). Masing-masing Desa Wadu Ruka, Sarae Ruma dan Pusu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima.

Warga Desa Karampi saat makan umbi. Foto: Erde

Warga Desa Karampi saat makan umbi. Foto: Erde

Tiga ribu warga yang mendiami masing-masing Desa tersebut kini terpaksa mengganti makanan pokok beras dengan umbian Gadung (Lede,Bahasa Bima). Kondisi tersebut sudah selama tiga bulan terakhir terjadi.

Tak ada pilihan lain, warga setempat harus meneruskan hidup, dan mengkonsumsi umbian beracun. Karena beras sudah tidak ada lagi.

Camat Langgudu, Drs. Muhammad Rum, M.Si, yang ikut turun langsung bersama media ke Karampi mendapatkan keluhan yang sama dari warga. Demikian pula di tiga Desa tersebut, persoalannya sama.

Kata dia, ketersediaan beras sebagai makanan pokok warga empat desa diakui betul-betul sudah tidak ada. Sehingga warga terpaksa beralih memakan Gadung.

“Masalah ini akan kami laporkan kepada Pemerintah Kabupaten Bima. Semoga segera membantu menyalurkan beras untuk masyarakat kami,” harapnya.

*Erde

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *